Notification

×

Iklan

Iklan

Eks TPA Pondok Rajeg Berubah Fungsi Menjadi Hutan Kota Dan Tempat Wisata Alam Hijau

15 Juni 2023



Bogor, Zonamerdeka.com- Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan Bersama Duta Besar Korea Selatan dan Yayasan Korindo Foundation melakukan penanaman pohon di bekas Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Pondok Rajeg, Kecamatan Cibinong, kamis (15/6/23). 


Dalam sambutannya Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan mengatakan, lahan seluas 7 hektar di bekas TPA Pondok Rajeg akan dimanfaatkan menjadi hutan kota untuk menjaga keseimbangan ekosistem di Kabupaten Bogor.

"Kita mentargetkan setiap tahun akan kita bangun satu Hutan Kota di Kabupaten Bogor. 

 Hutan Kota Pondok Rajeg memiliki peran dan fungsinya yang strategis karena berada diwilayah regional Jabodetabek sebagai sumber resapan air untuk menjaga ketersediaan air tanah, menghasilkan udara yang bersih dan mengurangi resiko banjir serta menciptakan keteduhan juga keindahan sebagai rekreasi masyarakat." jelas Iwan Setiawan. 


Dia menambahkan dibulan Januari 2023 Pemerintah Kabupaten Bogor telah mempunyai Hutan Kota di Pakansari seluas 2,39 hektar juga hasil kerjasama dengan Korindo Foundation.


"Kedepannya akan kita bangun Hutan Kota di Tegar Beriman seluas 2,7 hektar dan Hutan Kota Cibinong seluas 3 hektar." ungkap Plt. Bupati. 


Iwan  juga berharap nantinya Hutan Kota ini dapat bermanfaat bukan hanya untuk masyarakat Kabupaten Bogor tetapi juga untuk semua masyarak luas, serta ucapan terimakasih dan apresiasi kepada Korindo Group yang telah berkontribusi mendukung dan membangun di daerah Kabupaten Bogor melalui Corporate Social Responsibility (CSR). 


Sementara itu Ketua Yayasan Korindo, Robert Seung mengatakan, revitalisasi eks TPA Pondok Rajeg merupakan kolaborasi antara Yayasan Korindo dengan Pemerintah Kabupaten Bogor. Hari ini juga bertepatan peringatan 50 tahun hubungan Diplomatik Korea Selatan dengan Republik Indonesia, dengan berkolaborasi penghijauan di Pakansari Green Colaboration. 


"Saya berharap dengan adanya kegiatan ini dapat mempererat hubungan yang baik antara Yayasan Korindo Group dengan Pemkab Bogor, nantinya akan banyak Hutan Kota yang kita bangun di Kabupaten Bogor." kata Robert Seung. 


Ditempat yang sama, Duta Besar Korea Selatan untuk Republik Indonesia Lee Song Deok menyampaikan, pentingnya menanam pohon dan membangun Hutan Kota.


"Ini adalah cara efektif dan cepat untuk mengatasi perubahan iklim. Kemenlu Korea Selatan telah mengkampanyekan penanaman pohon, untuk menarik perhatian dan rasa solidaritas masyarakat Dunia terhadap perubahan dan juga krisis iklim yang menjadi tantangan Global." tegasnya. 




(Irvan/Rudy)





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close