Notification

×

Iklan

Iklan

Ketua DPRD Pelalawan Apresiasi Kegiatan PT. Musim Mas Gelar Pelatihan Pencegahan dan Pengendalian Karhutlah

21 Juni 2023


Istimewah

RIAU, ZONAMERDEKA.COM - Untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di musim kemarau, PT. Musim Mas (MM) melakukan pelatihan pencegahan dan pengendalian kebakaran lahan dan hutan (Karhutlah) yang berlangsung di Aula Estet II, PT. MM Desa Batang Kulim Kecamatan Pangkalan Kuras, Kabupaten Pelalawan, Riau, Rabu (21/6/2023).


Kegiatan pelatihan ini juga merupakan tindak lanjut dari status siaga darurat karhutla Riau, khususnya di Kabupaten Pelalawan yang di umumkan oleh Bupati Pelalawan beberapa hari yang lalu.


Dalam pelaksanaan pelatihan, PT. MM berkolaborasi dengan berbagai pihak yakni TNI, POLRI, Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dinas Perkebunan, BPBD, Manggala Agni, Satpol PP Pemadam Kebakaran Kabupaten Pelalawan.


Serta turut mengundang perwakilan desa-desa dan Masyarakat Peduli Api (MPA) yang berada di sekitar perusahaan.


Menurut Jeneral Manager PT. MM, Jery mengatakan dalam sambutan, tujuan kegiatan pelatihan pencegahan karhutla ini adalah untuk meningkatkan kemampuan serta pengetahuan tim pemadam kebakaran di unit kebun, baik teknik pemadaman maupun pencegahan. Sehingga dapat mengantisipasi kejadian kebakaran di kebun kelapa sawit maupun lahan masyarakat yang berdekatan dengan perusahaan.


“Selain sosialiasi mengenai cara penanggulangan karhutla, pada kegiatan ini juga terdapat demo pengoperasian mesin pemadam kebakaran, serta pemaparan mengenai penegakan hukum terkait karhutla. Diharapkan dengan pelatihan ini, para pihak dapat bekerja sama dengan lebih baik, sehingga dapat mencegah terjadinya karhutla,” tambah Jery.


Tidak itu saja, lanjut Jery, manajemen perusahaan juga memberikan reward kepada desa di sekitar perusahaan. Jika tidak terjadi Karhutlah dengan memberikan uang tunai sebesar 25.000.000, - per-tahunnya.


"Semoga, dengan di adakannya kegiatan ini, Kabupaten Pelalawan, khususnya Kecamatan Pangkalan Kuras bebas dari kebakaran lahan dan hutan,"pungkasnya. 


Dalam kesempatan tersebut, Ketua DPRD Kabupaten Pelalawan, Badarudin, S.H., M.H memberikan apresiasi dan terima kasih kepada pihak perusahaan PT. MM atas kegiatan yang dilakukan hari ini. Ia mengatakan, harapan kita bersama dalam mengantisipasi adanya bencana alam, khususnya Karhutla. Oleh karena itu, pentingnya kesiapan yang dimiliki oleh perusahaan baik dari personel, perlengkapan dan juga metode dan teknis penanggulangan kebakaran.


Ia juga mengungkapkan bahwa sinergi dari seluruh pemangku kepentingan, mulai dari pemerintah, perusahaan, maupun warga sekitar, sangat diperlukan untuk bersama-sama berkolaborasi menjaga lahan agar terbebas dari api.


“Semoga, apa yang telah dilakukan oleh PT Musim Mas pada hari ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Hal sepeti ini dapat menjadi contoh dan dapat di ikuti perusahaan lainnya yang ada di kabupaten Pelalawan," ujar Bahar.


Dalam kesempatan itu, Politisi Partai Golkat Kabupaten Pelalawan ini juga mengucapkan dan mengapresiasi pihak perusahaan yang belum lama ini, membantu perbaikan dan peningkatan jalan Masyarakat Desa Tanjung Beringin dan Desa Talau.


Kedepannya, PT MM juga dapat membantu dalam pengaspalan jalan yang menjadi akses bagi masyarakat desa Tanjung Beringin dan desa Talau. Karena, jika pengaspalan jalan yang ada di dalam hak guna usaha (HGU) tidak mungkin dan tidak bisa di bangun mengucapkan dana anggaran dari pemerintah.

"Semoga, apa yang telah di lakukan oleh pihak manajemen PT Musim Mas dapat bermanfaat bagi seluruh masyarakat," harap Bahar.

Hadir dalam kegiatan ini, Ketua DPRD Kabupaten Pelalawan Badarudin, S.H., M.H, Manggala Ani Daops Rengat Firza Cautsar, DLH Kabupaten Pelalawan diwakili Sugeng, Kabid KL BPBD Kabupaten Pelalawab Sanusi, S.P., M.S,i, Danramil 04 Pangkalan Kuras Kapten H. Simbolon, Kapolsek Pangkalan Kuras Kompol Alwis Saldi, S.H, Kapolsek Pangkalan Lesung AKP Liston Sihombing, S.H., M.H, Camat Pangkalan Lesung diwakili oleh Kasi Kessos Andri, S.Sos dan Camat Pangkalan Kuras diwakili oleh Kasi Trantib Amiruddin.


Selain itu, GM. PT. Musimmas Jery, Ketua Apdesi Pangkalan Kuras Syafri, Kepala Desa sekitar perusahaan, Lurah Pangkalan Lesung Eko Susilo, ST, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat Desa Batang Kulim Kecamatan. Pangkalan Kuras, Tim Masyarakat Bebas Api (MBA) 150 orang, RPK PT. Musim Mas 60 orang dan Peserta Undangan.


Untuk di ketahui, di akhir kegiatan dilakukan penyerahan berupa Souvenir dari pihak perusahaan dan dilanjutkan dengan simulasi pemadaman api yang di bimbing langsung oleh Dinas Satpol PP Pemadam Kebakaran Kabupaten Pelalawan.***










ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close