Notification

×

Iklan

Iklan

Kurator Museum Asmat Erick Sarkol Meninggal Dunia, Tangis Pecah Masyarakat Asmat Sambut Jenazahnya di Pelabuhan Ferry Agats

23 Agustus 2023


 


Asmat.Zonamereka - Kurator Museum Kebudayaan dan Kemajuan Asmat Emerickus Sarkol disambut histeris dengan Isak tangis oleh keluarga dan masyarakat Asmat di Pelabuhan Ferry Agats, Asmat, Papua Selatan, Rabu (23/8/2023) sore tadi.


Almarhum Erick Sarkol meninggal kemarin sore sekira pukul 16.06 WIT di RSUD Timika dalam usia yang ke-72 Tahun. 


Berdasarkan keterangan yang dihimpun media ini dari keluarga almarhum, dikatakan bahwa alm. Erick Sarkol meninggal karena sakit. Ia dikatakan sudah lama mengalami sakit Diabetes melitus bahkan bertahun-tahun hidup dengan kondisi sakit itu sambil mengurus serta merawat budaya orang Asmat yang terkenal hingga mendunia itu. 



Dikatakan, bulan lalu Penghuni Museum Asmat ini pernah terjatuh dengan motor sebanyak dua kali setelah sempat turun ke distrik-distrik untuk melakukan seleksi ukiran dan anyaman untuk persiapan Festival Asmat Pokman pada Oktober mendatang. 


Akan tetapi semenjak kejadian jatuh itu, membuat almarhum mengalami sakit sampai menurunnya daya ingat. Sehingga tepatnya pada tanggal 15 Agustus lalu ia dirujuk ke RSUD Mimika untuk melakukan perawatan di sana. Di Timika, Kepala Komisi Kebudayaan pada Keuskupan Agats, Asmat ini dirawat secara intensif terutama pada bagian luka akut yang tak kunjung sembuh akibat Diabetes ini. Dikatakan, almarhum juga mengalami komplikasi penyakit seperti darah tinggi, juga ditemukan terdapat cairan di bagian otaknya yang membuat kondisinya menurun hingga menghembuskan nafas terakhirnya, selasa, (22/8) di RSUD Timika.


Sebelum dihantar ke Agats, jenazah almarhum sempat bermalam di Timika. Disemayamkan di kediaman keluarga di jl. Timika Indah.

Jenazah almarhum baru diterbangkan ke Bandara Ewer siang tadi mengunakan pesawat Caravas, selanjutnya menggunakan speed boat menuju Agats Ibu Kota Kabupaten Asmat. 


Saat ini Jenazah Sang budayawan Asmat ini disemayamkan di Gereja Katedral Salib Suci Agats agar bisa dilayati keluarga, sanak kerabat dan semua kenalan.


Sampai berita ini diturunkan, masyarakat silih berganti berdatangan ke Gereja Katedral Salib Suci Agats untuk melayat jenazah almarhum Emerickus Sarkol. 


Berdasarkan informasi yang diperoleh, direncanakan pemakaman akan dilangsungkan pada Jum'at, 25/8/23 pada pukul 10.00 waktu setempat.

(Jef)





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close