Notification

×

Iklan

Iklan

Penganugerahan TOP 10 Lomba Inovasi Daerah Tingkat Kabupaten Bangka

29 Agustus 2023


 


Bangka, zonamerdeka.com - Penciptaan inovasi melibatkan banyak orang dan tidak manual. Inovasi merupakan cara baru untuk untuk membangkitkan ekonomi. Hal itu disebutkan Bupati Bangka, H. Mulkan.SH.MH, pada Bangka Inoklamasi Award, Penyerahan hadiah kepada TOP 10 lomba inovasi daerah tingkat Kabupaten Bangka tahun 2023,  Senin (28/08/2023) di Hotel Novilla Sungailiat, Bangka.


Dikatakan lebih lanjut H.Mulkan dalam sambutannya bahwa kegiatan ini dilakukan yang pertama kali di Bumi Sepintu Sedulang, kategori pemerintahan dan non pemerintahan. Tentunya inovasi ini harus dilakukan secara bersama-sama dan tidak bisa perseorangan dan penciptaan inovasi ini melibatkan banyak orang serta tidak manual. Dijelaskan inovasi merupakan cara baru untuk untuk membangkitkan ekonomi. Banyak negara yang miskin sumber daya alamnya, namun melesat pembangunan ekonominya dan menjadi negara termakmur  karena  berhasil mendorong kemajuan inovasi. Inovasi ini untuk memudahkan pelayanan, "Untuk itu, perlu membangkitkan inovasi baru sangat penting untuk transformasi ekonomi  karena memungkinkan berlangsungnya pertumbuhan ekonomi jangka panjang, " katanya. 





Bupati Bangka menambahkan, pemerintah juga harus mampu mengimbangi kecepatan perkembangan teknologi dan tingginya ekspektasi masyarakat, terhadap kualitas pelayanan publik dengan menciptakan berbagai perubahan-perubahan baru dengan dampak tinggi. Untuk mendorong penguatan inovasi, pemerintah kabuaten Bangka telah melakukan langkah-langkah strategis hulu hilir dengan berbagai program seperti, penetapan regulasi pengelolaan inovasi,  laboratorium inovasi, gerakan 1001, forum inovasi, serta kompetisi inovasi.


 "Berbagai inisiatif, melibatkan seluruh pemangku kepentingan yaitu pemerintah daerah, perguruan tinggi, dunia usaha, pemerintah desa, mahasiswa, pelajar dan komunitas marjinal. Inovasi sebagai gagasan dan budaya baru tidak akan mudah diterima. untuk itu, dibutuhkan komitmen yang tinggi dan keberanian yang kuat, " kata H.Mulkan.


Dikatakan oleh orang nomor satu di Bangka, pada tahun 2023, dua inovasi kabupaten Bangka kembali terpilih sebagai top inovasi terpuji dalam kompetisi sinovik, yang diselenggarakan oleh kementerian pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi republik indonesia, " Ini sebuah prestasi yang membanggakan kita semuanya. Pada tahun 2023, kabupaten Bangka satu-satunya kabupaten se-Indonesia yang terpilih mewakili Indonesia, dalam kompetisi inovasi tingkat dunia yang diselenggarakan oleh perserikatan bangsa-bangsa, "tutur H.Mulkan.


Untuk itu, lanjut bupati Bangka, bahwa pemerintah kabupaten Bangka mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, termasuk pemerintah provinsi kepulauan Bangka Belitung yang telah mendorong terciptanya iklim kelembagaan inovasi yang kuat. Sehingga tercipta tata kelola kinerja pemerintahan kabupaten Bangka yang sangat inovatif dan mampu berdaya saing dalam tatakelola inovasi," Tentunya tidak hanya di kancah provinsi tetapi juga dikancah nasional bahkan dunia. Hari ini  merupakan bagian dari komitmen kita semua untuk mendorong tumbuh dan berkembangnya sistem dan ekosistem inovasi yang kondusif, " ujar H.Mulkan. (eru) 


TOP 10 Inovasi Award tahun 2023.

yakni 1. Aplikasi Kursus Penjamah Makanan Siap Saji dan Depot Air Minum (Dinas Kesehatan). 

2. ERB ( Emergency Rescue Brigade) RSUD Depati Bahrien Sungailiat. 

3. Ibu Jari (Insiminasi Buatan Menjangkau Negeri) Dinpanpertan. 

4. Peci Amang Dayat ( Yayasan Folra Fauna). 

5. Pendekar RSUD (RSUD Depati Bahrien Sungailiat). 

6.Pepaya Muda (PSC 119 Sungailiat). 

7. Pesan Ku Kawan (Dinperkpp), 

8. Si Jantan Sehat (Dinkes). 

9.Tim Pijar Indah ( Dinkominfotik). 

10. Trec Matras Sutra (Dindukpencapil).





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close