Notification

×

Iklan

Iklan

Tampilkan Tradisi Berbagai Suku, Desa Talau Juara I Dalam Pawai Budaya Kecamatan Pangkalan Kuras

09 Agustus 2023


Peserta Pawai Budaya Desa Talau


RIAU, ZONAMERDEKA.COM - Dengan menampilkan tradisi dan beragam suku, Desa Talau berhasil meraih juara I dalam Pawai Budaya dalam rangka sempena hari jadi provinsi Riau dan Menyambut HUT RI ke 78. 


Dimana hal itu, disampaikan Kepala Desa Talau Syahril ketika berbincang-bincang dengan Zonamerdeka.com, Rabu (9/8/2023), setelah mengikuti kegiatan tersebut yang berlangsung di Halaman Kantor Camat Kecamatan Pangkalan Kuras.


"Kita menampilkan apa- apa yang sudah menjadi tradisi serta budaya dari masyarakat kita. Adapun yang kita tampilkan, pakaian pernikahan adat melayu, Nias, Jawa dan Batak. Karena kita di Desa Talau terdiri dari berbagai suku," ujar Syahril. 


Selain itu, juga menampilkan tradisi menumbuk padi memakai Losung, menangguk ikan dan mengangkat air pakai ambung .


"Dibidang kesenian dari melayu gondang Tetawak, dari jawa Barongan, Jarkep. Berkat kekompakan masyarakat, pemuda, para tokoh- tokoh masyarakat serta Pemerintah Desa. Kita bisa menarik perhatian masyarakat Pangkalan Kuras dan para dewan juri," beber Syahril. 


Sebelumnya, Camat Pangkalan Kuras, Sri Nursari, S.E menyampaikan, kegiatan pawai budaya ini bertujuan bahwa seni dan budaya yang ada di Kecamatan Pangkalan Kuras sudah hampir tenggelam. Maka dari itu, kegiatan bertujuan untuk menghidupkan kembali budaya - budaya yang ada di Kecamatan Pangkalan Kuras yang terdiri dari berbagai etnis dan suku bangsa.


"Kegiatan ini bertujuan untuk membangkitkan dan menghidupkan budaya budaya kita yang sudah hampir hilang. Kita sebut dengan istila membangkitkan batang terendam. Kedepan kegiatan ini akan kita laksanakan terus secara berkelanjutan. Silakan tampilkan budaya-budaya tradisional kita masing masing sesuai adat, budaya dan suku bangsa yang ada di desa kita masing masing," tandas Camat. 


Untuk diketahui, pemenang pada pawai budaya yakni, Juara pertama Desa Talau, juara kedua Desa Tanjung Beringin, Juara ke tiga Desa Surya Indah dan Harapan Satu Desa Dundangan. Untuk penyerahan hadiah direncanakan pada malam 17 Agustus 2023. ***








ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close