Notification

×

Iklan

Iklan

Unik, Rumah Korban Bencana Erupsi Semeru Dijadikan Museum

31 Agustus 2023


 


Lumajang, zonamerdeka.com - Rumah korban bencana erupsi Gunung Semeru dijadikan museum. Ide mengubah museum itu dilakukan oleh mahasiswa yang sedang melakukan KKN di Desa Sumberwuluh. 


Didalam museum itu dipajang foto-foto terkait bencana erupsi Gunung Semeru.


Mohammad Afif Mulyana selaku Koordinator Desa Mahasiswa KKN Universitas Jember mengungkapkan bahwa untuk menjadikan rumah bekas korban Semeru itu berkoordinasi dengan pihak desa. 


Selain itu ia dan teman-temannya mengumpulkan dokumentasi-dokumentasi bangunan sebelum erupsi dan setelah untuk dipajang pada museum tersebut, tak hanya itu saja, ragam dokumentasi peristiwa erupsi dan evakuasi korban erupsi pun terpampang di museum tersebut.




"Yang kami kumpulkan ada 60 dokumentasi foto-foto peristiwa, rumah-rumah yang menjadi sasaran erupsi dan 20 barang-barang rumah tangga para korban erupsi, berupa televisi, piring, lampu-lampu dan berbagai barang rumah tangga lainnya," ungkapnya.


Dirinya berharap agar museum tersebut terus dapat di pelihara oleh pemerintah desa setempat dan menjadi pengingat kepada masyarakat akan bahayanya bencana tersebut. (ton)







ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close