Notification

×

Iklan

Iklan

Ada Titik Hotspot, Polsek Ukui Terjun Ke Lapangan

30 September 2023


 


RIAU, ZONAMERDEKA.COM - Mendapati informasi adanya titik hot spot yang terpantau oleh satelit bahwasanya di Desa Lubuk Kembang Bunga terdapat Titik Hot Spot Diduga Titik Api, Kapolsek Ukui terjunkan personil lakukan Upaya verifikasi dan Pemadaman. Sabtu (30/09/2023).


4 (Empat) personel Polsek Ukui dikerahkan menuju TKP Hot Spot dan langsung bergabung dengan tim dari TNI, Brigdalkarhutla TNTN, dan MPA Desa Lubuk Kembang Bunga.


Saat dikonfirmasi Kapolsek Ukui AKP Markus T. Sinaga, S.H.,M.H mengatakan " tim karhutla polsek ukui sejak tadi malam sudah berada dilokasi, titik hot spot yang terpantau satelit merupakan titik api (fire spot), karena sulitnya medan dan jauh, pagi ini personil kita geser kembali mendekati titik api". ujar kapolsek. 


Adapun yang menjadi kendala pemadaman yakni akses jalan yang sulit serta tidak adanya sumber air sehingga tim karhutla yang turun verifikasi memadamkan api dengan peralatan seadanya seperti semprot solo kep, menggunakan dahan/ranting untuk menyekat atau membatasi laju api agar tidak meluas dengan dibantu masyarakat sekitar.


sementara luas lahan yang terbakar masih dilakukan penyelidikan kalau jenis lahanya merupakan semak belukar bekas imasan, sampai dengan saat ini tim karhutla polsek ukui masih dilapangan untuk meminimalisir kebakaran agar tidak meluas


Selanjutnya Kapolsek Ukui telah perintahkan tim satgas gakkum untuk melakukan penyelidikan terkait kebakaran yang diduga dilakukan secara sengaja oleh oknum tidak bertanggung jawab.


Terakhir Kapolsek menghimbau kepada seluruh masyarakat Ukui agar tidak membakar lahan mengingat situasi panas seperti ini sangat rawan api mudah menyebar.


"Akan ada sanksi tegas bagi siapapun yang kedapatan membakar lahanya, akan diproses sesuai hukum yang berlaku," ujarnya.





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close