Notification

×

Iklan

Iklan

Akibat Truk Odol Bebas Melintas, Drainase dan Jalan Hancur, Pemerintah Diminta Bertindak Tegas

23 September 2023


 


BAGANBATU (zonamerdeka.com) - Drainase hancur dan air selokan mengalir di Jalan akibat Truk ODOL (Over Dimensi Over Loading) atau Truk yang melebih tonase berintensitas tinggi yang kerap melintas di Jalan Kelas III Jalan Sisingamangaraja atau Jalan Sei Buaya Kelurahan Bagan Batu Kota, Kecamatan Bagan Sinembah, Kabupaten Rokan Hilir, Propinsi Riau.


Hal tersebut, membuat masyarakat meminta kepada Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir dan pihak-pihak terkait untuk bertindak tegas terhadap Truk ODOL yang kerap melintas di Jalan Kelas III tersebut.






"Kondisi Drainase yang tumpat dan air selokan yang mengalir di Jalan, sangat menggangu kenyamanan masyarakat yang melintas sehingga menjadi jorok dan beraroma bau", ungkap Irwansyah masyarakat Jalan Sisingamangaraja yang kerap melintas di jalan tersebut, Jum'at (22/9/2023).


Dijelaskannya, selain Drainase yang rusak, kondisi jalan disepanjang jalan Sisingamangaraja ini juga banyak yang rusak parah dan sempit. "Seharusnya truk dengan tonase yang berlebih dilarang melintas di sini serta memberikan sanksi tegas kepada setiap kendaraan yang mengangkut barang melebihi ketentuan," jelas Irwansyah.


Dirinya juga menegaskan, hingga saat ini truk dari berbagai ukuran makin bebas melintasi di Jalan Sisingamangaraja, sehingga berdampak semangkin memperparah kerusakan jalan terutama pada musim hujan seperti sekarang ini.


Pantauan awak media di lapangan tampak terlihat banyak Truk ODOL yang melintas di Jalan Sisingamangaraja dan didominasi oleh Truk-truk pengangkut bahan baku dan hasil produksi dari Perusahaan PKS (Pabrik Kelapa Sawit) yang berada di Kecamatan Bagan Sinembah, Kecamatan Bagan Sinembah Raya dan Kecamatan Simpang Kanan seperti PT. AASP, PT. KAN, PT. CAS dan yang lain.


"Belakangan ini makin banyak truk, seperti truk engkel ganda (ban berjumlah 6), tronton (ban 10), trinton (ban 12), melintasi Jalan Sisingamangaraja ini, dan saya duga akibat razia oleh DISHUB Propinsi Riau beberapa waktu lalu yang tidak efektif dan tidak memberikan efek jera sama sekali, sebab setelah Razia yang dilakukan justru Truk ODOL yang melintas di Jalan Sisingamangaraja ini malah semangkin banyak, bahkan Truk ODOL yang biasanya tidak melintas dari Jalan Sisingamangaraja ini sekarang malah melintas dari sini" ungkap Irwansyah dengan nada kesal. (Mam)





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close