Notification

×

Iklan

Iklan

Desa Angkasa Utusan Kabupaten Pelalawan Dalam Lomba Perkembangan dan Kemajuan Desa Tingkat Provinsi Riau

05 September 2023


Foto Istimewah 


RIAU, ZONAMERDEKA.COM - Desa Angkasa Kecamatan Bandar Petalangan utusan Kabupaten Pelalawan kategori status Mandiri dalam lomba Status Perkembangan dan Kemajuan dan Kemandirian Desa di Tingkat Provinsi Riau.


Hal itu, disampaikan Kepala Desa Angkasa Rudi Suprianto. S.I.P didampingi Ketua BPD Zulkifli Ridwan, saat Tim Penilai mengunjungi Kantor Desa Angkasa pada hari ini, Selasa (5/9/2023), sekaligus dihadiri secara langsung Kadis PMD Novri Wahyudi, Camat Bandar Petalangan di wakili oleh Kasi PMD Yurnadias, S.P, Kapolsek Bunut diwaliki Bhabinkamtibmas Desa Angkasa Aipda Ahmad Arif, S.H dan Pendamping Desa serta Ketua PKK Desa Angkasa. 


Disampaikannya, Desa Angkasa memiliki jumlah penduduk 3284 jiwa, luas 4200 Hektar, dengan Jumlah 937 Kepala Keluarga (KK).


Selain itu, Desa Angkasa merupakan Desa yang mekar dari Desa Merbau Kecamatan Bunut, berbatasan dengan Kecamatan Pangkalan Kuras dan Kecamatan Bunut.


Prestasi yang pernah di peroleh, Juara I Lomba Keluarga Berencana (KB) tingkat Provinsi Riau tahun 2010, sekaligus mewakili Provinsi Riau ke tingkat Nasional. Selanjutnya, Juara II Bina Keluarga Balita (BKB) tingkat Provinsi Riau tahun 2011, Juara III Lomba Desa Tingkat Kabupaten Pelalawan Tahun 2007 dan Juara I Lomba Pawai tingkat Kecamatan Bandar Petalangan. 


"Untuk Desa Angkasa menjadi utusan Kabupaten Pelalawan dalam lomba ini, berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bupati Pelalawan NOMOR : KPTS.411/DPMD/2023/, tentang Penetapan Desa Terbaik Kabupaten Pelalawan Berdasarkan Klasifikasi Indeks Desa Membangun Tahun 2023," terang Rudi Suprianto, S.I.P yang merupakan salah satu Kepala Desa termuda di Kabupaten Pelalawan ini.


Dalam lomba, dinilai beberapa aspek yang ada di Desa. Antara lain, pemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatan. Kemudian, dilanjutkan dengan verifikasi dan validasi kelengkapan data pendukung administrasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.


"Dengan adanya lomba ini, kita berharap mampu meraih juara dan mengharumkan nama masyarakat Desa Angkasa khususnya, dan Kabupaten Pelalawan umumnya," harapnya.


Untuk di Ketahui, Desa yang menjadi utusan Kabupaten Pelalawan dalam lomba Status Perkembangan dan Kemajuan dan Kemandirian Desa di Tingkat Provinsi Riau, Desa Angkasa Kecamatan Bandar Petalangan kategori Mandiri dengan nilai Indeks Desa Membangun (IDM) 0,9587, Desa Penarikan Kecamatan Langgam dengan Nilai IDM 0,8135 untuk kategori Desa Maju. Sedangkan Desa Gambut Mutiara Kecamatan Teluk Meranti perwakilan kategori Desa berkembang, dengan Nilai IDM 0, 6989.***













ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close