Notification

×

Iklan

Iklan

Proyek Paving Ratusan Juta Diduga Tidak Jelas di Desa Dawuhan Mangli Tahun 2022

07 September 2023


 


Jember, zonamerdeka.com - Pembangunan infrastruktur pedesaan jalan paving dana desa (DD) tahun anggaran 2022 yang berlokasi di Dusun Sumber Wadung, Desa Dawuhan Mangli, Kecamatan Sukowono, Kabupaten Jember diduga tidak jelas dan menjadi pertanyaan keberadaannya, Kamis (7/9/2023).


Dari pantauan awak media di alamat RT 02 RW 09 Dusun Sumber Wadung desa setempat, tidak diketemukan pembangunan fisik Jalan paving yang bersumber dari dana desa (DD) tahun anggaran 2022 sebesar Rp 222.053.200 (Dua ratus dua puluh dua juta lima puluh tiga ribu dua ratus rupiah) dengan volume panjang 400 meter dan lebar 1,5 meter.





Hal itu diketahui berdasarkan baner/ papan info grafis laporan realisasi pertanggungjawaban APBDes (Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa) tahun 2022 dan info grafis APBDes tahun 2023 yang terpasang di halaman Kantor Desa Dawuhan Mangli.


Yang mana di titik lokasi tersebut terdapat dua anggaran DD, yaitu anggaran tahun 2022 dengan nilai Rp 222 juta dan anggaran tahun 2023 sebesar Rp123 juta.


Data terhimpun, bahwa di lokasi yang sama terdapat dua titik bangunan fisik jalan paving, yakni, jalan paving arah ke barat dengan panjang 410 meter dan lebar 1,25 meter tahun anggaran 2023, biaya Rp123.875.000 (Seratus dua puluh tiga juta delapan ratus tujuh puluh lima ribu rupiah), dan sudah terealisasi dalam pengerjaannya.



Kemudian, satunya lagi jalan paving arah ke selatan dengan -+ panjang 240 meter yang tidak jelas sumber anggarannya yang disebabkan tidak adanya prasasti yang terpasang di lokasi, diduga hal ini sengaja dilakukan oleh oknum tertentu untuk mengelabuhi masyarakat agar tidak termonitor besaran anggaran biayanya.



Sementara, Sekretaris Desa (Sekdes) Dawuhan Mangli, Tanwir, mengatakan bahwa bangunan Jalan paving (-+ panjang 240 meter- Red) yang arah ke selatan merupakan bantuan dari Pertamina tahun 2022.



" Itu jalan paving yang arah ke selatan program lain, itu dari Pertamina, yang jalan paving arah ke barat dari dana desa" kata Tanwir dengan didampingi Kaur keuangan Hadi saat dikonfirmasi media pekan lalu.


Di waktu yang sama, Hadi, kaur keuangan desa setempat membenarkan adanya program pembangunan jalan paving di Dusun Sumber Wadung tahun 2022.


Mengingat tidak berkecukupan anggaran biaya, lanjut Hadi, lantas kemudian pembangunan sampai di pengerjaan tembok penahan tanah (TPT) saja.


" Karena anggarannya tidak notot (mencukupi) mas, jadi kita anggarkan untuk TPT-nya saja mas," ucap Hadi kaur keuangan Desa Dawuhan Mangli kepada media ini. 


Namun, Hadi enggan memberikan keterangan terkait besaran anggaran biaya untuk pembangunan TPT yang dimaksud.


Lanjut Hadi menjelaskan, bahwa pembangunan jalan paving tahun 2023 yang berlokasi di Dusun Sumber Wadung merupakan lanjutan dari pembangunan jalan paving tahun 2022.


" Anggaran (2022) tidak ada pavingnya mas hanya TPT saja, di dalam RAB bukan paving jadi pavingnya tidak ada mas, dan dianggarkan tahun sekarang karena anggaran tahun kemarin ke sedot Covid," ujarnya.


Namun demikian, pengelolaan anggaran pembangunan jalan paving di tahun 2022 tidak ada permasalahan karena sudah diperiksa oleh pihak Inspektorat.


" Sudah diperiksa Inspektorat karena yang diperiksa kemarin (tahun lalu) ada dua titik, yaitu Jalan paving istilahnya jalan pertanian sama air bersih," jelasnya.


Awak media akan melakukan upaya konfirmasi dan klarifikasi kepada pihak pihak terkait. (ton)





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close