Notification

×

Iklan

Iklan

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bogor Bersama Stekholder Tanam Pohon di Hutan Kota Tegar Beriman

29 September 2023


 



Bogor, Zonamerdeka.com- Pemerintah Kabupaten Bogor melalui Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bogor, terus berupaya melestarikan lingkungan dengan cara menanam pohon dan memperbanyak Hutan Kota di daerah yang padat penduduk seperti di Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor. Bertempat dipinggir Jalan Raya Tegar Beriman Ju'mat, (29/9/23).


Dalam sambutannya Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bogor, Bambam Setia Aji mengatakan, kita akan terus sosialisasikan terkait pencanangan Hutan Kota Tegar Beriman. Sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas udara diperkotaan, menjaga keteduhan lingkungan, memperbanyak resapan air serta mengurangi resiko banjir.

"Semoga lima tahun kedepan kita akan mendapatkan manfaat dari apa yang kita tanam hari ini," terang Bambam Setia Aji. 


Bambam juga menyampaikan  ucapan terima kasih kepada semua unsur yang terlibat dalam kegiatan tahap ke satu pembangunan Hutan Kota Tegar Beriman dengan tagline "Harmonisasi Ruang Air Dan Pepohonan Untuk Masa Depan Bersama". 

"Dalam kegiatan ini kita bersama dengan BJB Cabang Cibinong melalui skema TJSL turut serta berkontribusi menjaga dan melestarikan lingkungan dengan memperbanyak Hutan Kota Tegar Beriman, kedepan bukan hanya diperkotaan kita akan bangun juga Hutan dipedesaan," tambah Bambam Setia Aji. 


Sementara itu Sekda Kabupaten Bogor Burhannudin yang membacakan sambutan dari Bupati Bogor, sangat mengapresiasi kegiatan menanam pohon dalam pencanangan Hutan Kota Tegar Beriman karena akan menambah Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kabupaten Bogor. Berdasarkan Undang-undang No. 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang Pemerintah Kabupaten/Kota untuk memenuhi tugas kebutuhan Ruang Terbuka Hijau sebanyak 30%, Pemerintah Kabupaten Bogor melalui Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) menargetkan setiap tahunnya dibangun satu Hutan Kota. 


"Mengingat manfaatnya yang sangat besar bagi masyarakat dari sisi keseimbangan ekologi, ketersediaan air tanah, kebersihan lingkungan, mengurangi resiko banjir dan sekaligus tempat rekreasi bagi masyarakat. Tentunya sangat mengharapkan bisa saling bersinergi dari semua elemen masyarakat sampai elit untuk bersama-sama menjaga dan merawat Hutan Kota Tegar Beriman agar manfaatnya bisa terus kita rasakan, ini akan menjadikan solusi jangka panjang terkait bagaimana kita menghadapi musim kemarau," jelasnya. 


Hadir dalam kegiatan tersebut perwakilan Forkopimda, BJB Cabang Cibinong, Ketua TJSL, perwakilan Dandim 0621, perwakilan Polres Bogor, Perwakilan Kejaksaan Kabupaten Bogor, Camat Cibinong dan Lurah Tengah Kecamatan Cibinong. 




(Irvan/Rudy)





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close