Notification

×

Iklan

Iklan

Menggali Potensi Desa, Pemkab Bogor Luncurkan Aplikasi LAPOR PAK

26 September 2023


 


Bogor, Zonamerdeka.com- Pemerintah Kabupaten Bogor (Pemkab Bogor) melalui Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) Kabupaten Bogor, terus hadirkan inovasi terbaru untuk memberikan kemudahan serta pelayanan terbaik kepada masyarakat Kabupaten Bogor.


Kepala Bappenda Kabupaten Bogor Arif Rahman mengatakan, Inovasi yang dihadirkan oleh Bappenda Kabupaten Bogor salah satunya adalah layanan online melalui aplikasi "LAPOR PAK" singkatan dari Pelaporan Data Potensi Pajak Daerah dan Retribusi Daerah sebagai upaya untuk meningkatkan penerimaan bagi hasil Desa, yang berasal dari penerimaan pajak daerah dan retribusi daerah guna mendorong terwujudnya masyarakat Kabupaten Bogor yang sejahtera. Hal itu dijelaskan dalam program siaran radio milik Pemkab Bogor Teman FM selasa, (26/9/23).  


Arif Rahman menjelaskan, melalui layanan online aplikasi LAPOR PAK Pemerintah Desa dan Kelurahan cukup melaporkan jika terdapat potensi pajak daerah maupun retribusi daerah di wilayahnya. "Cukup mencantumkan antara lain jenis pajak, nama subjek pajak/subjek retribusi, alamat subjek pajak/subjek retribusi, titik kordinat letak objek pajak/objek retribusi, foto potensi objek pajak/objek retribusi serta fungsi bangunan untuk potensi retribusi dan/atau harga pasar/transaksi untuk jenis pajak BPHTB," terang Arif Rahman. 


Arif Rahman melanjutkan, pajak hasil retribusi daerah ini merupakan salah satu penyumbang sumber pembiayaan Desa. Bappenda mengelola 10 jenis pajak yaitu pajak hotel, restoran, hiburan, penerangan jalan, bayar tanah, reklame, parkir, mineral dan logam batuan, bumi dan bangunan perdesaan dan perkotaan bea perolehan tanah dan bangunan serta lainnya. 


"Dengan adanya aplikasi LAPOR PAK ini akan lebih mudah melaporkan potensi seluruh Desa di Kabupaten Bogor dengan luas wilayah Kabupaten Bogor, untuk mendorong kepala Desa se- Kabupaten Bogor agar aktif selalu melaporkan potensi perkembangan di wilayahnya masing-masing. Sehingga akan berdampak terhadap peningkatan bagi hasil pajaknya, semakin optimalnya penggalian potensi pendapatan di daerah. Maka hasil untuk Desa pun semakin tinggi". tambah Arif Rahman. 


Lebih lanjut Arif Rahman menjelaskan, ini upaya kita juga agar para Kepala Desa lebih melek lagi dalam hal teknologi dan kami juga akan berikan pelatihan terhadap aparat Desa sebagai operator penginput data di Desanya masing-masing.  Untuk pemahaman dan fungsi aplikasi LAPOR PAK kami akan sosialisasikan pada 3 Oktober 2023 digedung Tegar Beriman, untuk launching aplikasi LAPOR PAK akan dilakukan pada 18 Oktober 2023 bertepatan dengan momen gebyar pajak serta pemberian penghargaan kepada wajib pajak prestasi.  


Ia berharap dengan aplikasi LAPOR PAK ini bisa mewujudkan masyarakat Kabupaten Bogor yang sejahtera khususnya masyarakat pedesaan. 


"Dengan peran aktif Desa diharapkan pembangunan infrastruktur di Desa akan berdampak baik. Mari laporkan potensinya, tingkatan bagi hasilnya, "kata Arif Rahman. 




(Irvan/Rudy)





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close