Notification

×

Iklan

Iklan

Tanggap Karhutlah, Polsek Ukui Lakukan Verifikasi dan Upaya Pemadaman

06 September 2023




RIAU, ZONAMERDEKA.COM - Tanggap Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), Polsek Ukui langsung terjun kelapangan untuk verifikasi sekaligus upaya pemadaman titik api yang terpantau pada satelit di Dusun Take Jaya Desa Air Hitam, Rabu 6 September Dinihari Pukul 01.00 WIB.


Tiga personel Polsek Ukui dikerahkan menuju TKP Karhutla dan akan bergabung dengan tim Brigdalkarhutla TNTN, dan MPA Desa Air Hitam


"Semiggu terakhir ini memang Kecamatan Ukui tidak diguyur hujan, dan ini sangat rawan terjadinya kebakaran, seperti tadi malam yang terjadi. Ujar Kapolsek Ukui AKP Markus T. Sinaga, SH.MH


Lebih Lanjut Kapolsek mengatakan, pihaknya mendapatkan informasi adanya titik hotspot yang terpantau melalui satelit dari satgas Karhutla Kecamatan Ukui. Menindaklanjuti informasi tersebut petugas pun segera mengambil tindakan.


Dari laporan tim karhutla dilokasi tadi malam tidak adanya sumber air sehingga tim karhutla yang turun mengalami kesulitan dan memadamkan api dengan peralatan seadanya seperti semprot solo kep hingfa menggunakan dahan/ranting pohon basah.


Adapun luas lahan yang terbakar ± 1 hektare yang merupakan semak belukar bekas imasan, berkat kesigapan tim tadi malam titik Hot Spot/Api hingga saat ini sudah padam menyisakan tunggul berasap dan akan terus dipantau hingga benar benar padam.


Selanjutnya Kapolsek telah perintahkan tim satgas gakkum untuk melakukan penyelidikan terkait kebakaran yang diduga dilakukan secara sengaja oleh oknum tidak bertanggung jawab.


Terakhir Kapolsek menghimbau kepada seluruh masyarakat Ukui agar tidak membakar lahan mengingat situasi panas seperti ini sangat rawan api mudah menyebar.


"Akan ada sanksi tegas bagi siapapun yang kedapatan membakar lahanya, akan diproses sesuai hukum yang berlaku," ujarnya.





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close