Notification

×

Iklan

Iklan

Uji emisi kendaraan plat merah , Bupati Bogor pantau langsung

06 September 2023


 

Bogor, Zonamerdeka.com- Bupati Bogor Iwan Setiawan pantau secara langsung  kegiatan uji emisi kendaraan di Pakansari, Cibinong, rabu (6/8/23). Hal ini dilakukan untuk menekan polusi udara


Disela-sela kegiatan Iwan Setiawan menghimbau kepada masyarakat untuk segera uji emisi kendaraannya, dan cek secara berkala untuk uji emisi kendaraan agar bersama-sama bisa menekan polusi udara. 

"Kita juga dari Pemerintah Kabupaten



 Bogor sudah membuat surat edaran kepada Camat agar nanti diteruskan kepada Kepala Desa dan Lurah terkait larangan untuk tidak membakar sampah, serta penggunaan masker, penanaman pohon dan pengawasan industri penghasil emisi dilaksanakan secara berkelanjutan. Dalam pelaksanaannya kepada Dinas Lingkungan Hidup sudah berjalan," kata Iwan Setiawan. 


Iwan Setiawan menambahkan, sesuai instruksi dari Mendagri Nomor 2 Tahun 2023 terkait pengendalian pencemaran udara diwilayah JABODETABEK, dalam hal ini Pemkab Bogor terus melakukan beberapa tahapan upaya untuk menekan pencemaran udara diantaranya penyesuaian jam kerja ASN.

"Agar tidak bebarengan dan menumpuk saat berkendara dijalan raya. Hari ini seluruh kendaraan ber plat merah melalui tahapan uji emisi, nantinya kita lakukan uji emisi untuk kendaraan umum," jelas Iwan Setiawan. 


Sementara itu Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bogor, Bambam Setia Aji menerangkan, yang lulus uji emisi akan didata diaplikasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Sementara yang belum lulus sesuai Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 8 Tahun 2023.

"Tentang Penerapan Buku Mutu Emisi Kendaraan Bermotor baik plat merah maupun plat hitam tidak bisa memperpanjang STNK. Nantinya akan terlihat di aplikasi baik yang lulus maupun yang tidak," ujarnya. 




(Irvan/Rudy)





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close