Notification

×

Iklan

Iklan

Manfaatkan Kali dan Edukasi Masyarakat Lewat Penebaran 5000 Benih Ikan Serta Penanaman Pohon

28 Oktober 2023


 


Bogor, Zonamerdeka.com- Kecamatan Cibinong dan Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Bogor, bersama Karang Taruna Kelurahan Tengah Kecamatan Cibinong lakukan program penebaran 5000 benih ikan nila di perairan darat dan penanaman pohon di RW 01 Kelurahan Tengah Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor. Sabtu, (28/10/23). 


Turut hadir Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Bogor Nurhayanti, Camat Cibinong Rusliandy, Lurah Tengah Kecamatan Cibinong Awan Sundawan, Lurah Se- Kecamatan Cibinong, Anggota DPRD kabupaten Bogor, Calon Anggota DPRD kabupaten Bogor, Calon Anggota DPRD Provinsi Jawa barat, Tokoh Agama, Tokoh masyarakat, Karang Taruna dan Masyarakat RW 01 Kelurahan Tengah Kecamatan Cibinong. 





Kadis Perikanan dan Peternakan Kabupaten Bogor Nurhayanti dalam sambutannya menjelaskan, pemanfaatan kali untuk menciptakan keindahan dan kebersihan juga kesadaran masyarakat dalam membuang sampah. 5000 benih ikan yang kita lepas hari ini semoga menjadi manfaat dan juga kesadaran masyarakat jangan lagi sampahnya dibuang ke kali, karena kalinya sudah bersih dan rapi kita bersama-sama jaga dan rawat nanti kordinasikan dengan dinas terkait apa saja yang kurang.

 

Nurhayanti melanjutkan, dari Dinas akan mensupport dari benih ikannya kalau bisa  bukan hanya ikan tapi peternakan juga kedepannya bisa menjadi objek wisata juga. 


"Dibuatkan joging track jadi warga tidak perlu jauh-jauh untuk berwisata dan berolahraga terus berinovasi menciptakan ide yang kreatif agar lebih bagus lagi, dibuatkan tempat sampah agar masyarakat tidak lagi membuang sampah sembarang. Penghijauan kordinasikan dengan Dinas terkait, bukan hanya ikan jenis nila saja tetapi ikan hias juga bisa disediakan tempatnya manfaatkan potensi yang ada," ujar Nurhayanti. 


Sementara itu Camat Cibinong Rusliandy mengatakan, hal ini juga menjadi terobosan untuk meminimalisir banjir karena kalinya banyak sampah. Selain itu juga penataan kalinya agar tampak lebih rapih serta menciptakan lingkungan yang nyaman, asri, dan indah dipandang mata.


"Semoga apa yang kita lakukan hari ini menjadi manfaat untuk masyarakat Kelurahan Tengah maupun masyarakat Kabupaten Bogor, agar nantinya menjadi percontohan di Kelurahan yang lain di Kecamatan Cibinong." Ujar Rusliandy.


Rusliandy menambahkan, penataan kali agar tidak lagi identik dengan kesan kumuh akibat banyaknya sampah makanya oleh karang taruna dan masyarakat ini dibersihkan. 


"Kita ajak masyarakat untuk sadar akan lingkungan ditata sedemikian rupa manfaatnya dari masyarakat untuk masyarakat. Kedepannya akan menjadi kampung wisata," kata Rusliandy kepada Zonamerdeka.com.


Sementara itu Lurah Tengah Kecamatan Cibinong Awan Sundawan mengungkapkan, Pihak Kelurahan Tengah sangat mendukung lewat program penebaran 5000 benih ikan dan penanaman pohon yang dibantu oleh Karang Taruna Kelurahan Tengah. 


"Saya juga mengucapkan terimakasih kepada Dinas terkait, yang telah membantu dalam proses penataan kali yang kedalamnya cuma 30 cm sekarang setelah dibersihkan dan dikeruk kedalamannya menjadi 1,5 Meter dan panjang kali yang kita bersihkan mencapai 300 Meter dari 800 Meter. Kita bisa mengadakan kegiatan yang baik ini dikarenakan bekerja bersama-sama, jangan hanya menjadi kegiatan seremonial saja tetapi harus kita buktikan kita jaga dan rawat apa yang sudah kita lakukan hari ini," Jelas Awan Sundawan. 


(Irvan/Rudy)





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close