Notification

×

Iklan

Iklan

Penuh Semangat, 150 Pelajar dari SMPN 4 Tanggul Kabupaten Jember Ikuti Pendidikan dan Pelatihan PMR

17 Oktober 2023


 


Jember, zonamerdeka.com - Palang Merah Remaja (PMR) SMPN 4 Tanggul Kabupaten Jember mengadakan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Kepalangmerahan  Sabtu - Minggu, 13-14 Oktober 2023 di sekolah. Kegiatan ini untuk mendidik dan menanamkan nilai - nilai prinsip kepalangmerahan kepada anggota PMR. Total 150 pelajar mengikuti kegiatan diklat PMR ini. 


Pada pelaksanaannya kegiatan ini dimulai hari Sabtu dan diakhiri hari Minggu. “Mulai awal kegiatan peserta mendapatkan materi - materi orientasi kepalangmerahan, meliputi prinsip dasar dan sejarah gerakan,” kata Ali Murtadho  Fasilitator PMR SMPN 4 Tanggul, Selasa (17/10). 






Kemudian dihari kedua, para peserta dibekali materi pertolongan pertama secara teori dan praktek. Peserta  dituntut dapat beraksi di sekolah ketika dibutuhkan dalam keadaan darurat untuk memberikan pertolongan pertama. “Sehingga penekanan materi pertolongan pertama sangat diperhatikan para peserta. Mereka tampak semangat mengikuti materi pertolongan pertama ini apa lagi disertai praktik langsung,” ujarnya. 


Ali Murtadho  mengungkapkan diklat ini diharapkan mampu menyiapkan anggota PMR yang terampil. "Target dari kegiatan ini, peserta yang nantinya menjadi anggota PMR, bisa mengamalkan nilai - nilai Prinsip Dasar Gerakan dan Tribakti PMR," imbuhnya. 


Pihak sekolah beserta jajaran dewan guru SMPN 4 Tanggul turut mendukung kegiatan ini. Mereka berharap  pelajar SMPN 4 Tanggul dapat menjadi siswa berkarakter kuat dengan menerapkan nilai - nilai kemanusiaan di masyarakat. Senior - senior PMR SMPN 4 Tanggul juga turut terlibat dalam kepanitiaan. Bahkan ada beberapa anggota KSR PMI yang turut menjadi pemateri dalam kegiatan diklat PMR tersebut. (man)





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close