Notification

×

Iklan

Iklan

Pokmas Gencling Slawu Wujudkan Cinta Lingkungan Bebas Sampah

17 Oktober 2023


 


Jember, zonamerdeka.com - Sampah, saat ini menjadi permasalahan yang pelik di seluruh Dunia. Masalah yang sangat besar sehingga membutuhkan Usaha dan Effort yang juga Besar.


Dalam menghadapi masalah Sampah ini, perlu banyak dilakukan berbagai upaya dan inovasi. Seperti langkah dari Pokmas Gencling Pemuda Slawu Jember, Jawa Timur ini. Dalam upaya mengatasi sampah tersebut, Pemuda Slawu telah memikirkan mendalam dalam mengatasi permasalahan sampah. 


Kalbar Zulkarnain selaku Ketua Kelompok Gencling Slawu itu mengatakan bahwa telah memikirkan mendalam dan seksama untuk mengatasi masalah sampah di lingkungannya itu.


"Kita patut Memikirkan dengan Mendalam dan Dengan seksama," terang Kalbar Zulkarnain di sela-sela kegiatan membuat pengolahan sampah di Lingkungan Slawu. 



Lanjutnya, "dalam Islam setiap 1 Masalah itu memiliki 2 Solusi. Percaya gak percaya, ini Faktanya," kata Bapak dengan tiga anak tersebut.


Zulkarnain pun melanjutkan penjelasannya, "Sebagai contoh masalah Sampah yang mencemari Lingkungan Hidup manusia. Faktanya, 1 Orang bisa memproduksi Sampah minimal 1 KG yang meliputi Sampah Organik dan Non Organik/Plastik."






"Sampah Plastik ini merupakan Materi yang sangat sulit Di Urai. Makanya diperlukan Solusi khusus yang mendalam dan terkonsep dengan Baik," kata Kalbar.


Tak hanya itu, Kalbar pun menjelaskan persoalan sampah berdasarkan Data yang ada. Menurut data yang ia peroleh. "Sampah yang kita produksi sehari-hari terbagi menjadi 60% Sampah Organik dan 30-40 % Sampah An Organik," beber Kalbar.


"Maka, sebenarnya kita bisa fokus dulu di 40 % Sampah An Organik ini," tegasnya.


Ia pun mengapresiasi kerjasama di Lingkungannya, menurutnya, warga di wilayah Slawu ini cukup kompak. "Wujud dari kepedulian terhadap Lingkungan dapat dilihat dari Kegiatan yang dilakukan Pokmas Gencling Slawu. Pokmas yang di Gawangi Oleh Pemuda Kelurahan Slawu ini memiliki Visi Slawu Bebas Sampah," kata Kalbar.


"Bebas sampah bukan Memindahkan Sampah dari satu tempat ke Tempat lain. Tapi justru lebih kepada mengolah Sampah yang awalnya tidak berharga, nanti akan menjadi Bernilai Ekonomi," pungkas Kalbar.


(Bersambung)


Selanjutnya: Bagaimana upaya masyarakat Slawu khususnya Pokmas Gencling untuk mengolah sampah? Tunggu liputan selanjutnya...








ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close