Notification

×

Iklan

Iklan

Direvitalisasi Pemkab, Pasar Larangan Sidoarjo Jadi Lebih Bersih

09 November 2023


 


Sidoarjo, zonamerdeka.com - Memasuki tahun ketiga sejak menjabat tahun 2021, Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali alias Gus Muhdlor terus memacu pembangunan serta melakukan perbaikan di berbagai sektor.


Tidak hanya bidang pendidikan dan kesehatan yang terus ditingkatkan pelayanannya, tapi pembangunan infrastruktur jalan dan area pasar yang dikebut pembangunannya .


Tahun ini, Pasar Larangan di Kecamatan Candi sedang dilakukan revitalisasi oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pemkab Sidoarjo. Pasalnya, pasar tradisional yang lokasinya tidak jauh dari pusat kota Sidoarjo itu sudah lama kurang perhatian.


Maka itu, Gus Muhdlor sekarang mulai melakukan penataan, pertama merelokasi ratusan pedagang yang dipindah ke sebelah barat pasar, ke tempat lebih yang representatif.


Agar tampak luas, pagar depan toko sebelah sisi timur pasar dibongkar. Guna menambah estetika dan membuat pengunjung pasar merasa nyaman, dibangunlah taman di sekitar area pasar. Sesuai rencana, nantinya tempat parkir juga lebih tertata.


"Penataan pasar seperti ini menjadi bagian untuk menghadirkan estetika kota yang menarik, apalagi Pasar Larangan ini merupakan pasar tradisional yang berada dekat pusat kota. Depan toko juga dibangun taman, tempat parkir ditata, pagar depan toko dibongkar," ucapnya.


Bupati yang akrab dipanggil Gus Muhdlor itu mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah mendukung pembangunan Kabupaten Sidoarjo. Termasuk dukungan terhadap penataan Pasar Larangan untuk menciptakan pasar tradisional yang nyaman dan aman. Tujuannya untuk meningkatkan roda perekonomian masyarakat.


"Pasar tradisional seperti ini adalah milik bersama, oleh karenanya sudah seharusnya kita jaga bersama, Pemkab Sidoarjo akan terus berusaha menghadirkan pasar tradisional yang nyaman dan aman, serta indah dipandang karena pasar rakyat merupakan penggerak roda perekonomian," ujarnya.


Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sidoarjo Widiyantoro Basuki menyampaikan pembongkaran pagar sudah dimulai pada Selasa, 7 November 2023 kemarin. Diprediksi dalam dua sampai tiga hari nanti akan selesai.


Dalam penataannya, ia berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Sidoarjo, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sidoarjo serta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Sidoarjo.


"Pagar ini kita lakukan pembongkaran untuk penataan parkir mengingat Undang-undang lalu lintas dan angkutan jalan tidak memperkenankan parkir di bahu jalan seperti di jalan nasional depan Pasar Larangan ini," ucapnya.


Wiwid panggilan akrab mantan Kasatpol PP Sidoarjo itu memastikan bahwa tidak akan ada lagi kendaraan pengunjung pasar yang parkir di bahu jalan. Semuanya dapat memanfaatkan lahan parkir di halaman pasar. Dengan penataan parkir seperti ini, ia yakin lalu lintas Jalan Sunandar Priyo Sudarmo akan semakin lancar.


"Dengan selesainya pembongkaran ini maka kendaraan roda dua atau empat dapat masuk semua ke halaman parkir pasar, tidak lagi berada di bahu jalan sehingga arus lalu lintas akan semakin lancar," tuturnya.


Kepala Satpol PP Sidoarjo Yany Setiawan mengatakan akan selalu mendukung penataan pasar yang dilakukan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sidoarjo. Ratusan personel telah ia kerahkan agar pelaksanaan penataan pasar berjalan lancar.


Ia juga menyampaikan bahwa tidak ada penertiban dalam penataan Pasar Larangan untuk yang kedua kalinya ini. Semuanya berjalan lancar.


"Selama tiga hari ke depan ini kami akan melakukan pengamanan pelaksanaan pembongkaran pagar Pasar Larangan ini," jelasnya.


Sekedar diketahui, setelah selesai pembangunan taman, Pemerintah Kabupaten Sidoarjo akan mengubah tampilan Pasar Larangan Sidoarjo sisi Timur agar terlihat lebih apik dan lebih luas dengan menyediakan tempat parkir untuk pengunjung.


Pagar Pasar Larangan dari Selatan sampai Utara kini dibongkar. Sampai saat ini pengerjaannya masih berlangsung. Selain itu, juga akan ditanami pohon kota agar terlihat rindang dan asri. (sj1)





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close