Notification

×

Iklan

Iklan

DPD-PKB Pujakesuma Aceh Tamiang Masa Bakti 2023-2028 Dilantik Penuh Hikmat

12 November 2023


 


Aceh Tamiang, zonamerdeka.com - Pelaksanaan Pelantikan Dewan Pengurus Daerah (DPD) Paguyuban Keluarga Besar (PKB) PUJAKESUMA (Putra Jawa Kelahiran Sumatera) Kabupaten Aceh Tamiang masa bakti 2023 – 2027 dilantik penuh hikmat di Gedung SKB, Kecamatan Karang Baru, Kabupaten Aceh Tamiang, Sabtu (11/11/2023).


Pelantikan tersebut dibacakan oleh Sekretaris Jendral DPW Paguyuban Keluarga Besar PUJAKESUMA Provinsi Aceh, Muhammad Jailani, S.Pd.I, S.Psi, M.Pd, dengan surat keputusan DPW PKB Pujakesuma Nomor : 02/i/SK/DPW-PJK/XI/2023, tentang susunan Dewan Pengurus Daerah (DPD) Paguyuban Keluarga Besar Pujakesuma Aceh Tamiang masa Bakti 2023 – 2028. 


Turut hadir dalam pembacaan SK tersebut, Ketua DPW PKB Pujakesuma Provinsi Aceh, Suprianto, ST, para Forkopimda Aceh Tamiang, Anggota DPRK Aceh Tamiang, DPRA Aceh, DPR-RI, perwakilan DPD Pujakesuma Langsa, DPD Pujakesuma Bener Meriah, DPD Pujakesuma Bengkalis, DPD Pujakesuma Subussalam, perwakilan DPC Pujakesuma Bendahara, DPC Karang Baru, DPC Tenggulun, DPC Rantau, DPC Seuway, DPC Bandar Pusaka, DPC Kota Kualasimpang, DPC Tamiang Hulu, DPC Manyak Payed, DPC Kejuruan Muda, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda dan masyarakat perantauan jawa yang berdomisili di Aceh.




Dalam pembacaan SK tersebut oleh Sekjen DPW PKB PUJAKESUMA Provinsi Aceh, Muhammad Jailani, S.Pd.I, S.Psi, M.Pd, ada beberapa Bidang yang meliputi; Bidang pengembangan Organisasi dan Kaderisasi. Bidang Pendidikan pelatihan dan ketenaga kerjaan. Bidang ke-Agamaan. Bidang Pertanian, perikanan, perkebunan dan peternakan. Bidang pengembangan seni Budaya. Bidang pembinaan Hukum dan Ham. Bidang Kesehatan dan Olah raga. Bidang Komonikasi  dan Informasi serta hubungan Masyarakat dan terakhir Bidang pembinaan, pemberdayaan Wanita dan perlindungan Anak, dengan Anggota di bidang masing berjumlah 66 Orang, yang langsung dikukuhkan oleh Ketua DPW PKB Pujakesuma Provinsi Aceh Suprianto, ST., dengan penyerahan Bendera Pataka Pujakesuma kepada Ketua DPD PKB Pujakesuma Darwan, S.Ag., untuk dikibarkan diseluruh wilayah Aceh Tamiang.


Pada Kesempatan kata sambutan oleh Ketua Darwan, S.Ag., selaku Ketua DPD PKB Pujakesuma Kabupaten Aceh Tamian beliau menyampaikan ucapan terimakasih yang tak terhingga khususnya kepada Ketua panitia, serta dukungan  lapisan masyarakat dari materi maupun moril sehingga pelaksanaan pelantikan ini berjalan dengan baik.


“Terima kasih saya buat para panitia yang sudah bekerja keras secara maksimal dalam upaya mempersiapkan proses awal persiapan baik administrasi, rapat pertemuan dengan pengurus, hingga suksesnya pelantikan hari ini. Dan selanjutnya amanah yang saya emban untuk mengibarkan panji Pujakesuma ini membentuk 12 (Dua Belas) DPC Kecamatan dalam Aceh Tamiang tidaklah ringan, untuk awal pengembangan dan perekrutan pengurus Pujakesuma di tingkat Kecamatan ini, ada beberapa hal yang harus betul – betul disiasati dan dipertimbangkan, diantaranya Provinsi Aceh memiliki latar belakang historis dan sejarah kelam Aceh (masa konflik), yang sampai saat ini tidak bisa dihilangkan dalam ingatan kita. Kita harus memiliki 4 R, Rukun, Raket, Regeng, Rumekso dalam menjalankan misi kita”, papar Darwan.


Ketua DPD menambahkan “Pujakesuma di Aceh Tamiang yang kita kembangkan dalam upaya untuk menciptakan Rukun, Raket, Regeng, Rumekso yang harus kita bangun, namun semuanya ini tidak semata hanya Suku Jawa, tetapi Suku selain Jawa yang ingin ikut bergabung di Paguyuban Monggo (di persilakan), bersama saling bersinergi untuk kegiatan sosial dan melestarikan kebudayaan guna memajukan Aceh Tamiang, sudah 10 (Sepuluh) DPC Kecamatan yang kita lakukan pembentukan, hanya 2 (Dua) DPC lagi masi dalam proses dan setelah selesai penyusunan struktur DPC dikecamatan segera dilakukan pelantikan”, jelasnya.


Dewan Pembina Pujakesuma Aceh Tamiang, Sugianto, SE, MM dalam sambutannya mengatakan sebagai putra asli Aceh Tamiang yang saat ini berdomisili di Jakarta akan terus memberi kontribusi kepada Kabupaten Aceh Tamiang dan organisasi Pujakesuma.


"Sebagai CEO Tamiang Elevator-Escalator dan Ketua Perhimpunan Masyarakat Tamiang (PERMATA) Jakarta, pihaknya terus memberi kontribusi untuk Kabupaten Aceh Tamiang. Misalnya, saat bencana banjir Tahun 2022, melalui Permata bekerjasama dengan Pujakesuma, Karang Taruna dan organisasi lainnya mendistribusikan bantuan banjir ke 71 lokasi se-Aceh Tamiang, dan membangun 26 MCK untuk warga kurang mampu di beberapa kampung dalam Kabupaten Aceh Tamiang serta menyerahkan 1 unit ambulance kepada Pujakesuma Aceh Tamiang untuk membantu warga Aceh Tamiang yang sedang sakit dan membutuhkan ambulance," ujar Sugianto.

 

Ditempat yang sama Ketua DPW PKB Pujakesuma Provinsi Aceh Suprianto, ST, mengatakan bahwa “DPD PKB Pujakesuma Aceh Tamiang baru saja di lantik yang nantinya terus bekerja keras guna menciptakan kualitas Paguyuban Pujakesuma di Kabupaten Aceh Tamiang. Pujakesuma tidak membeda bedakan Suku, bila yang ingin ikut bergabung di Paguyuban Keluarga Besar Pujakesuma di persilahkan, hal ini mewujudkan Rukun, Reket, Regeng, Rumekso, sebagai ajang talisilaturahim menciptakan tali persaudaraan yang rukun serta saling bersinergi untuk membangun Aceh Tamiang yang maju dan bermartabat”, ungkap Ketua DPW pujakesuma Suprianto ST.


Di akhir kegiatan, ada bakti sosial DPD Pujakesuma dalam bentuk Donor Darah bekerjasama dengan UTD Rumah Sakit Umum Daerah Aceh Tamiang, serta pagelaran seni tarian dan budaya persembahan dari sanggar tari Mts.Negeri 3 Aceh Tamiang pimpinan Darwan, S.Ag dan seni gamelan Kencana Budaya Desa Wonosari Tamiang Hulu pimpinan Sukadi, yang merupakan seni dan alat musik tradisional akar kebudayaan Jawa yang secara filosofis gamelan identik dengan cara hidup Masyarakat Jawa, yang menjadi warisan budaya indonesia, dan pemotongan nasi tumpeng oleh Ketua DPD PKB Pujakesuma Aceh Tamiang, melambangkan rasa syukur kepada Tuhan sekaligus ungkapan atau ajaran hidup mengenai kebersamaan dan kerukunan.

(Muhammad Thoyib, ST)





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close