Notification

×

Iklan

Iklan

Puluhan Karateka Dojo Kota Kualasimpang Ikuti Uji Kenaikan Sabuk

11 Desember 2023


 


Aceh Tamiang, zonamerdeka.com - Sebanyak 50 Karateka Dojo Kota Kualasimpang  terdiri dari Karateka sabuk putih dan sabuk kuning, mengikuti ujian kenaikan tingkat kyu semester genap Kushin Ryu Karate - Do Indonesia (KKI) Pengcab Aceh Tamiang yang digelar di Lapangan Futsal Darwis – Rantau, Minggu (10/12/2023).


Kordinator Tim Penguji Faisal  yang juga Ketua Dewan Guru Aceh mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan guna menjaga kebugaran tubuh dan solidaritas sesama para atlet yang selama ini mengikuti latihan pembinaan karate selama 40 jam pertemuan (6 Bulan) di pusat pelatihan Dojo Kota Kualasimpang. Setelah menjalani proses kenaikan sabuk ini, para atlet dituntut berlatih dengan lebih semangat untuk menjadi atlit juara baik level nasional maupun level internasional.



“ Ajang kegiatan ujian kenaikan sabuk ini sudah menjadi tradisi perguruan Kushin Ryu Karate - Do Indonesia (KKI) dibawah binaan KKI Pengcab Aceh Tamiang yang diketuai oleh T. Dedi Zulfikar diikuti 50 karateka mulai sabuk putih dan sabuk kuning,” ujar Faisal.


Menurutnya, dari seluruh karateka yang menjalani ujian kenaikan tingkat kyu tersebut, merupakan generasi muda yang berbadan sehat (tingkat pemula), bermental baja dengan semangat juang dan pantang menyerah (semangat Bushido).


Dihubungin pihak media Zona Merdeka melalui via telpon ketua KKI Aceh Tamiang, T. Dedi Zulfikar berada di luar daerah menjelaskan, “Kushin Ryu Karate - Do Indonesia (KKI) Pengcab Aceh Tamiang hanya memiliki satu Dojo (Pusat Latihan) yaitu tepatnya di Kota Kualasimpang dengan peserta didik sebanyak 82 siswa/murid dari beberapa sekolah yang ada di Aceh Tamiang,”jelas Teuku.


Lanjut Teuku, pemegang DAN II Daerah yang juga atlit peraih medali emas di tahun 80-an menambahkan,”adik – adik peserta didik yang berlatih di Dojo Kota Kualasimpang memiliki latar belakang pendidikan sekolah dasar, sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas yang sudah memiliki 40 jam pertemuan (enam bulan) dengan jadwal latihan hari Senin, Rabu dan Sabtu sore setiap minggunya ditempat latihan yang sudah kita siapkan secara gratis dan tidak dipungut biaya,” papar Teuku.


Di lokasi kegiatan, ketua panitia penyelenggara ujian kenaikan sabuk, Hanif Khan pemegang Sabuk DAN II Daerah juga menjelaskan,”peserta yang ikut kenaikan sabuk semester kali ini berjumlah 50 orang terdiri dari sabuk putih 48 orang, sabuk kuning 2 orang dan ini yang pertama kalinya ujian kenaikan sabuk semenjak perguruan KKI Aceh Tamiang vakum lebih kurang 20 tahun,”jelas Hanif.


Diakhir ujian kenaikan sabuk, beberapa peserta ada yang langsung naik dua tingkat dari putih ke hijau (berprestasi kyu 7 – kyu 5) yaitu Yuna Tri Selvi Muliana, Qori’ah Zuhrah, Faris Al-Fatih dan Habib Al-Thaffurrahman Daulay sebagai peserta termuda di perguruan KKI Dojo Kota Kualasimpang.


(Muhammad Thoyib, ST)





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close