Notification

×

Iklan

Iklan

Wartawan Bangka Menimba Ilmu ke Kantor Bahasa Babel

07 Desember 2023


 

Bangka, zonamerdeka.com - Wartawan yang ngepos di Pemkab Bangka bersama Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik (Kominfotik) Bangka berkunjung ke Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kamis (07/12/2023), guna menimba ilmu terkait pemberitaan bahasa media masa. 


Rombongan yang digawangi Kabid Informasi dan Statistik Kominfotik Bangka, Fahrobi ditemui Kepala Kantor Bahasa Provinsi Babel Muhammad Irsan dan staf. 


Dalam pertemuan Kepala Kantor Bahasa Provinsi Babel, Muhammad Irsan mengapresiasi  kunjungan teman-teman wartawan bersama Dinkominfotik Bangka. Dijelaskan M Irsan bahwa tugas dari kantor bahasa, melakukan pemetaan bahasa daerah secara masif. Dengan begitu  kosakata yang ada di daerah ini dapat dimasukkan kedalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), 


"Saya berharap kehadiran teman-teman wartawan dapat mendukung program yang sudah dicanangkan, yaitu pengembangan kosakata daerah ini dan bisa masuk ke kamus KBBI, " jelasnya. 


M.Irsan menambahkan berdasarkan data, bahwa rata-rata kosakata  yang terdapat di KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) berasal dari bahasa Jawa dan asing. Untuk itu, kita dapat perintah dari Mas Menteri agar melakukan pemetaan bahasa daerah secara masif, " Hal itu sangat penting agar bisa dimasukkan kedalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Tentunya ini menjadi tugas dari rekan rekan media membantu kita dengan publikasi,” tuturnya.


Sementara Kabid Informasi dan Statistik Kominfotik Bangka, Fahrobi mengatakan berharap kunjungan ke Kantor Bahasa Babel, menambah ilmu wawasan terkait bahasa, dalam pemberitaan, "Semoga kunjungan teman-teman wartawan bermanfaat, menambah ilmu dalam menulis berita, " ujar Fahrobi. (eru)





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close