Notification

×

Iklan

Iklan

Irland Siap Menjadi Bagian Solusi Untuk Masyarakat Silungkang Kota Sawahlunto

09 Februari 2024


 


Sawahlunto,zonamerdeka.com,- Dalam upayanya untuk menjadikan sawahlunto lebih baik. Ir,Irland, MM, atau lebih akrab disapa “Datuak Irland Bosa” politisi senior pertai Amanat Nasionan (PAN) Kota Swahlunto yang juga anggota DPRD periode 2019-2024. 


Saat ini akan kembali mencalonkan diri dengan no urut 1, melalui partai amanat Nasional (PAN) Dapil Sawahlunto 3 kecamatan lembah segar, silungkang. dan akan melanjutkan kembali perjuangan dari masyarakat silungkang.


Irland memiliki visi dan misi yang jelas untuk konstituennya. Program kerjanya akan difokuskan pada menyampaikan aspirasi masyarakat serta melaksanakan tugas dan fungsi DPRD seperti budgeting, controlling dan regulasi.


Selama ini diketahui, Irland telah aktif dalam berbagai kegiatan baik sebagai anggota dewan maupun di luar parlemen. Sebagai Ketua Program Beasiswa Anak Silungkang (Probas) sejak tahun 1995, Irland telah menyediakan beasiswa bagi lebih dari 100 anak Silungkang dari berbagai tingkat pendidikan. Selain itu, Irland juga memiliki rekam jejak yang kuat di bidang pendidikan dan pengalaman kerja yang luas.


Irland juga telah memberikan perhatian dan dorongan khusus terhadap Sentra IKM Tenun Silungkang dan objek wisata "Batu Runciang". Dia melihat Sentra IKM sebagai kebanggaan masyarakat Silungkang. “Pertama adalah lokasinya di silungkang, sehingga diharpkan segala aktifitas di sana akan berdampak untuk ekonomi silungkang. Kedua, agar dapat meningkatkan kualitas songket silungkang agar lebih baik dan dapat memecahkan masalah-masalah selama ini,”ujarnya.


Juga adanya DTW objek wisata "Batu Runciang", kita sebagai masyarakat silungkang bangga punya daerah tujuan wisata batu runciang. tinggal bagaimana masyarakat dapat menangkap peluang terutama hadir nya para turis lokal ke batu runciang. Maka dari itu rland melihat, ini dapat membukak peluang untuk mengembangkan turunan produk dari Songket Silungkang seperti syal, sandal, dompet, dan gantungan kunci. Irland percaya bahwa kehadiran Sentra IKM ini dapat membantu mengembangkan turunan produk ini.


Irland Dt Bosa juga memiliki rekam jejak dan karir yang mengesankan. Beliau adalah lulusan Fakultas Teknik Universitas Indonesia dan mendapatkan beasiswa dari Prof. BJ. Habibie untuk menyelesaikan tugas belajar di Universiteit Technologi Delft di Belanda. Selain itu, Irland Dt Bosa juga telah menjabat sebagai pegawai negeri sipil di BPPT dan bekerja di Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) serta Kemenko Maritim dan Investasi.


Tidak hanya aktif dalam karir politik, Irland Dt Bosa juga terlibat dalam beberapa organisasi, seperti Wakil Ketua DPD PAN Sawahlunto Bidang POK, Penghulu Pucuak Suku Supanjang, dan Ketua Yayasan SDI.



Dalam beberapa tahun terakhir, Irland Dt Bosa telah melakukan berbagai kegiatan sebagai anggota dewan dan melakukan pemenuhan pokok-pokok pikiran (pokir) dalam anggaran tahunan. Beberapa kegiatan tersebut antara lain pembukaan jalan, rehabilitasi jalan dan jembatan, pembangunan daam, bedah rumah.pembangunan taman bermain anak (taman elviera), peningkatan fasilitas di DTW Kolam Mudiak Lugha, pembangunan RIOL di Sungai Duyan, pengadaan meubelair untuk perpustakaan dan sekolah,”Irland Dt Bosa juga memberikan bantuan pokir non fisik, seperti , pelatihan songket, serta program beasiswa Indonesia Pintar.




Selain itu, Irland juga merespons keinginan para anak muda di Nagori Silungkang dengan telah menganggarkan pembangunan lapangan futsal pada pokir tahun 2024 ini, Hal ini akan memenuhi kebutuhan dan keinginan generasi muda agar dapat bermain futsal tanpa harus pergi ke daerah tetangga.



Dengan pengalaman dan dedikasinya, Irland bertekad untuk menjadi bagian dari solusi dalam membawa perubahan positif bagi masyarakat Silungkang dan Kota Sawahlunto. Irland optimis bahwa melalui kerja keras dan komitmennya, dia dapat menjadi perwakilan yang mampu mendorong pembangunan dan kesejahteraan masyrakat.(iz)





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close