Notification

×

Iklan

Iklan

OJK Sumut dan Rumah BUMN Medan Tingkatkan Kerja Sama Melalui Pendidikan Keuangan

20 Februari 2024


 


 Medan, zonamerdeka.com – Kantor Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Sumatera Utara terus melakukan upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan keterlibatan masyarakat tentang keuangan. Untuk mencapai tujuan ini, mereka rutin mengadakan kegiatan pendidikan kepada UMKM Binaan Rumah BUMN di Medan.


Selain itu, ini tercakup dalam rencana kerja tahun 2024 Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Provinsi Sumatera Utara.



Setelah acara yang dihadiri oleh Reza Leonhard Osenta Mayda, Analis Senior Deputi Direktur Pengawasan Perilaku PUJK, 30 UMKM binaan berkumpul di Rumah BUMN Medan di Jalan Tengku Daud No. 2 Medan untuk mengikuti kegiatan edukasi yang ditawarkan oleh OJK untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan. mereka. Kegiatan tersebut mencakup materi "Perencanaan dan Pengelolaan Keuangan bagi UMKM dan Waspada Investasi dan Pinjaman Online Ilegal."



Dalam siaran persnya pada Selasa (20/2), Wan Nuzul Fachri, Direktur Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan Kantor OJK Provinsi Sumatera Utara, menyatakan bahwa penting bagi UMKM untuk memiliki perencanaan keuangan yang baik sehingga mereka dapat menentukan apa yang harus diprioritaskan dalam pengelolaan hasil usaha mereka sehingga dana dapat digunakan dengan benar, sehingga keuntungan yang diperoleh dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan daripada keinginan.


Sementara itu, Waspada Investasi dan Pinjaman Online Ilegal disarankan agar usaha kecil dan menengah (UMKM) di Rumah BUMN Medan berhati-hati saat memasukkan dananya. Mereka harus menghindari investasi ilegal atau investasi palsu serta menggunakan layanan dari industri jasa keuangan yang diizinkan dan diawasi oleh OJK.



OJK akan terus mendorong UMKM untuk mendapatkan akses keuangan untuk mengembangkan usaha secara berkelanjutan dan memberikan kepercayaan bahwa UMKM Go Digital dan siap bersaing dengan produk luar, sebagai salah satu sektor unggulan dalam upaya Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).



Pada kesempatan ini, para pelaku UMKM juga diajarkan teknik fotografi untuk membuat produk mereka lebih menarik dan bersaing di pasar.



Satu dari 16 Rumah BUMN di Sumatera Utara adalah Rumah BUMN Medan, yang menawarkan tempat bagi UMKM binaan untuk mendapatkan pendampingan dan pelatihan yang berkelanjutan.



Olivia Fernanza, CEO Muda Rumah BUMN Provinsi Sumatera Utara, dan Edwin P. Simanjuntak, CFO Muda Rumah BUMN Provinsi Sumatera Utara, menyambut baik inisiatif yang dilakukan OJK dan Rumah BUMN Medan ini karena mereka membantu mempersiapkan UMKM untuk berubah dari tradisional menjadi modern, dengan Go Digital, Go Online, dan Go Global, yang memasuki pasar lokal dan internasional.



Diharapkan bahwa Rumah BUMN lainnya di Sumatera Utara juga akan bekerja sama untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan bagi UMKM. (md1)





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close