Notification

×

Iklan

Iklan

Bhabinkamtibmas Kerumutan Pelalawan Berikan Materi UU ITE Kepada Remaja Masjid

24 Maret 2024


 


RIAU, ZONAMERDEKA.COM-Bhabinkamtibmas Brigadir Dicky Fatoni, memberikan materi tentang UU ITE Kepada Ikatan Remaja Masjid (IRMAS) Kecamatan Kerumutan.


Kegiatan tersebut berlangsung di Masjid AT-Taqwa Desa Banjar Panjang, Kecamatan Kerumutan Kabupaten Pelalawan, Minggu (24/3/2023). 


"Kegiatan tersebut, kita mengajak remaja masjid agar bisa bermedia sosial," ujar Brigadir Dicky Fatoni. 


Ia menjelaskan, Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik  atau UU ITE adalah undang-undang pertama di bidang Teknologi Informasi dan Transaksi Elektronik sebagai produk legislasi yang sangat dibutuhkan dan telah menjadi pionir yang meletakkan dasar pengaturan di bidang pemanfaatan Teknologi Informasi.


Informasi elektronik mencakup segala bentuk data elektronik, termasuk tulisan, suara, gambar, peta, rancangan, foto, surat elektronik, dan lain sebagainya. Sementara itu, transaksi elektronik adalah perbuatan hukum yang dilakukan dengan menggunakan komputer, jaringan komputer, dan/atau media elektronik lainnya. Aturan ini berlaku untuk setiap orang yang melakukan perbuatan hukum, baik di dalam maupun di luar wilayah hukum Indonesia, yang dapat merugikan kepentingan Indonesia.


Sementara itu, Kapolres Pelalawan AKBP Suwinto, S.H melalui Kapolsek Kerumutan Ipda Jerri Paulus Sinaga, S.H membenarkan kegiatan yang dilaksanakan oleh personil Bhabinkamtibmas tersebut.  


"Sosialisasi ini ini penting, karena kini handphone (HP) telah menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan mereka. 


Selain memberikan dampak positif, lanjut dia, penggunaan itu juga dapat berdampak negatif jika tidak digunakan dengan bijak dan bertanggung jawab, terutama dalam penggunaan media sosial.



Disisi lain, kata kata Kapolsek, kegiatan ini juga meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri. "Melalui upaya Bhabinkamtibmas sebagai ujung tombak Polri di tengah masyarakat dalam mengantisipasi perkembangan situasi kamtibmas saat ini," tandasnya.***





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close