Notification

×

Iklan

Iklan

Bisakah Menyembuhkan Diabetes tanpa Obat?

08 Maret 2024


 



Sebuah penelitian yang dilakukan oleh International Diabetes Federation (IDF) menunjukkan bahwa jumlah orang yang menderita diabetes di Indonesia diperkirakan mencapai 8,5 juta orang, dan penyakit ini menyerang orang-orang yang berusia antara 20 dan 79 tahun. Penelitian ini menemukan bahwa sebagian besar orang yang menderita diabetes tidak menyadari bahwa mereka menderita diabetes.


Beberapa gejala yang mungkin Anda alami termasuk buang air kecil dengan frekuensi yang lebih sering, kerap merasa lapar, sakit kepala, dan pandangan yang menjadi lebih buruk. Diabetes disebabkan oleh kekurangan hormon insulin dan ketidakmampuan tubuh untuk mengendalikannya.


Bagaimana cara terbaik untuk mengatasi diabetes? Beberapa jenis tumbuhan dapat digunakan oleh sedulur untuk menyembuhkan penyakit ini. Namun, metode tambahan diperlukan untuk mendukung semua ini. Sebagai saran, berikut ini adalah tujuh cara mudah dan alami untuk menurunkan gula darah.

 

1. Mengkonsumsi Bawang Putih untuk Menurunkan Gula Darah

Bawang putih dapat menurunkan kadar gula darah jika dikonsumsi secara teratur karena mengandung zat sulfoxide, yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan membantu penyembuhan infeksi.


Bawang putih juga mengandung allicin dan allyl propyl disulfide, yang keduanya memiliki potensi untuk menghentikan penghentian insulin di hati. Bawang putih harus dikonsumsi secara langsung untuk menurunkan kadar gula darah dengan cepat. Tiga siung bawang putih adalah jumlah minimal yang dapat dimakan oleh sedulur.


2. Mengelola Konsumsi Karbohidrat


Tubuh menggunakan karbohidrat sebagai sumber kalori dan materi pembangun serta menjaga keseimbangan asam basa.

Namun, konsumsi berlebihan karbohidrat dapat memperparah diabetes. Karbohidrat adalah penyebab utama diabetes, dan mengurangi asupan karbohidrat adalah salah satu cara yang efektif untuk menurunkan diabetes.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan dari Universitas Colombia dan Boston Children's Hospital, karbohidrat harus dikonsumsi pada saat makan terakhir untuk menurunkan kadar gula darah. Sebagai contoh, Anda makan sayuran dan telur sebelum makan kentang sepuluh menit kemudian.

 

3. Selalu Minum Ramuan Daun Kemangi

Menurut Laura Shane-Mcwhorter, yang menulis buku The American Diabetes Association: Guide to Herbs and Nutritional Supplements, daun kemangi memiliki kemampuan untuk meningkatkan sekresi insulin. Kadar gula darah Anda akan turun dengan cepat jika Anda minum air rebusan daun ini secara teratur.

 

4. Berolahraga Secara Teratur

Dengan membuat sel tubuh lebih sensitif terhadap insulin, olahraga menurunkan kadar gula darah. Seiring waktu, gejala diabetes juga dapat dikendalikan.

Joging, olahraga paling ringan, membakar banyak kalori dengan gerakan kaki dan tangan secara menyeluruh. Menurut Michelle May MD, penulis buku Eat What You Love, aktivitas fisik selama 45 menit dapat menurunkan kadar gula darah hingga 155 mg/dl.

 

5. Meningkatkan Konsumsi Buah dan Sayur: Makan lebih banyak buah dan sayur dapat membantu Anda menghindari diabetes. Tubuh dapat meningkatkan insulin dengan menggunakan pun. Kol, brokoli, kacang-kacangan, dan bayam adalah beberapa sayuran yang dapat dikonsumsi secara sedulur.

Selain itu, buah-buahan adalah obat alami untuk diabetes. Buah naga, misalnya, memiliki banyak vitamin C. Akibatnya, memiliki kemampuan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mengurangi kadar glukosa.

 

7. Mengatur Pola Tidur Anda

Menghitung berapa jam sedulur tidur setiap hari? Setidaknya delapan jam tidur setiap hari diperlukan untuk orang dewasa, tetapi kualitas tidur sangat penting untuk kesehatan tubuh.

Oleh karena itu, saat Anda merasa tubuh Anda lelah, pejamkan mata Anda dan istirahatkan otak Anda. Peneliti dari University of Chicago menemukan bahwa sebagian besar penderita diabetes memiliki pola tidur yang buruk, yang membuat mereka lebih sulit untuk mengendalikan penyakit mereka.

Studi tersebut menemukan bahwa kurang tidur dapat meningkatkan kadar gula darah hingga 23 persen. Mereka menyatakan bahwa mengurangi stres adalah salah satu cara untuk membuat orang tidur lebih nyenyak.

Semoga ini membantu Anda menurunkan diabetes secara alami di rumah. 





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close