Notification

×

Iklan

Iklan

Sambut Datangnya Bulan Ramadan, Keluarga Besar Universitas Jember Gelar Pengajian

08 Maret 2024


 


Ramadan kembali! Keluarga besar Universitas Jember menyambut kedatangan bulan istimewa bagi umat Islam dengan sukacita. Sebuah siraman rohani diadakan di Masjid Al Hikmah Kampus Tegalboto pada tanggal 8 Maret untuk menyambut bulan ampunan. KH. M. Rofi’i Baidlowi, Ketua Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) Jember, berbicara sebagai pembicara.



Dalam sambutannya, Rektor mengajak semua anggota keluarga besar Universitas Jember untuk bersyukur dan bersenang-senang karena mereka kembali ke bulan Ramadan 1445 hijriah, yang sangat istimewa. Suka cita ini diwujudkan dengan meningkatkan iman dan taqwa melalui peningkatan kualitas dan jumlah ibadah. Selain itu, sesuai dengan janji Allah SWT, amalan yang dilakukan selama bulan puasa akan menerima pahala yang luar biasa.



Iwan Taruna menyatakan, "Mari sambut datangnya Ramadan dengan suka cita dan gembira, manfaatkan bulan ini sebagai ajang meningkatkan amal dan ibadah kita. Jangan sampai bulan ini berlalu begitu saja. Oleh karena itu keluarga besar Universitas Jember menyambut datangnya Ramadan dengan kegiatan siraman rohani sebagai awal yang baik sekaligus meneruskan tradisi di kampus kita."



Ketua LDNU Jember juga mengucapkan selamat datang bulan puasa. Dalam pemaparannya, KH. M. Rofi'i Baidlowi mengingatkan hadirin di masjid Al Hikmah untuk menyambut bulan Ramadan dengan sukacita sesuai dengan anjuran Rasullah SAW, karena setiap amal ibadah yang dilakukan dengan sukacita akan menghasilkan hasil yang maksimal.



Selain itu, bulan Ramadan memiliki banyak hal yang istimewa, salah satunya adalah pahala yang dilipatgandakan karena banyaknya kejadian mulia yang terjadi di dalamnya, seperti turunnya Al Qur'an dan Lailatul Qadar. Selain itu, amal ibadah yang dilakukan selama bulan Ramadan memperkuat hubungan antara manusia dengan Allah SWT dan satu sama lain.



Jangan lupa bahwa di bulan Ramadan, kita melakukan tiga ibadah yang tidak dilakukan di bulan lain. seperti puasa, tadarus Al Qur'an, dan sholat malam seperti tarawih. Jika dilakukan dengan cara yang benar dan baik, ketiga ibadah ini sangat berharga. Menurut KH. M. Rofi'i Baidlowi, ketiga ibadah ini tidak hanya bermakna secara _hablum minallah_, tetapi juga berfungsi untuk membangun hubungan baik dengan orang lain, atau _hablum minannas_.



Untuk informasi lebih lanjut, selama bulan Ramadan, siraman rohani akan dilakukan secara teratur di kampus Tegalboto setiap minggu. Selain siraman rohani rutin, banyak kegiatan tambahan yang dimotori oleh Takmir Masjid Al Hikmah di kampus universitas dan kegiatan fakultas lainnya. 

(ton)





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close