Notification

×

Iklan

Iklan

PT. GTC Lakukan Rehabilitasi dan Kompensasi untuk Masyarakat yang Terdampak

17 Mei 2024


 



Sawahlunto, zonamerdeka.com -- PT. GTC rehabilitasi dan kompensasi masyarakat yang terkena dampak. Hal itu dilakukan karena termasuk Dalam tanggung jawab sesuai dengan komitmen dan perjanjian mereka yang tercantum dalam kontrak pengelolaan limbah Fly Ash Button Ash (FABA) dari Pembangkit Listrik Ombilin, PT. Guguk Tinggi Coal (GTC) telah melakukan rehabilitasi lahan dan lingkungan setelah insiden banjir. Banjir menyebabkan material FABA meluncur dan terbawa bersama dengan air banjir, mempengaruhi rumah, tanah, dan kolam ikan warga Dusun Ibus, Desa Salak, Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto (8-9/5/2024).


Dalam konfirmasi media mengenai respons banjir dan campuran lumpur dan limbah FABA di lokasi penyimpanan di Desa Salak pada Kamis (16/5/2024), Direktur PT. GTC, Defrizal Con, menyatakan, "Kami telah melakukan pertemuan dengan masyarakat yang terkena dampak dan telah menyelesaikan proses kompensasi berdasarkan kesepakatan bersama dan musyawarah. Kami telah memberikan kompensasi tidak hanya kepada penduduk yang rumahnya terkena dampak bencana tetapi juga kepada pemilik lahan pertanian dan kolam ikan yang terkontaminasi dengan luapan limbah FABA yang kami kelola."


Dia lebih lanjut menjelaskan bahwa upaya ini bukan hanya bentuk tanggung jawab dari perusahaan yang dipimpinnya tetapi juga tindakan belas kasih darinya sebagai Ninik Mamak, sesepuh tradisional yang dihormati, terhadap kerabatnya yang saat ini menghadapi bencana ini.


"Kami juga telah melakukan rehabilitasi dan perbaikan di daerah tersebut, seperti mengeruk dasar sungai yang terkubur dengan berbagai bahan yang dibawa oleh banjir, memperbaiki saluran drainase, dan kegiatan lainnya," tambah H.Con.


Kepala Desa Salak, Jeri Rizal, membenarkan pernyataan yang dibuat oleh Direktur PT. GTC, dengan mengatakan, "Alhamdulillah, PT. GTC telah responsif dan telah memenuhi keinginan masyarakat. Semua penduduk yang terkena dampak, sesuai data kami yang diminta oleh PT. GTC, telah menerima kompensasi berdasarkan hasil pertemuan bersama antara kedua belah pihak. Saat ini, perusahaan juga sedang dalam proses melakukan perbaikan, rehabilitasi, dan kegiatan lain yang berkaitan dengan manajemen pasca bencana."


Tanggapan cepat dan proaktif dari PT. GTC ini menunjukkan komitmen mereka terhadap pengelolaan lingkungan dan kesejahteraan masyarakat. Upaya rehabilitasi dan kompensasi yang diberikan oleh perusahaan akan membantu memulihkan daerah yang terkena dampak dan mendukung penduduk dalam pemulihan mereka dari bencana baru-baru ini.(iz)





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close