Notification

×

Iklan

Iklan

MABMI Babel Gelar Haul Dato' Eko Maulana Ali Suroso

28 Juli 2024


 


Bangka, zonamerdeka.com - Majelis Adat Budaya Melayu Indonesia (MABMI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, akan menggelar Haul Dato H Eko Maulana Ali Suroso pada hari Selasa 30 Juli 2024 malam di Pondok Tuas belakang Polda Babel. 


Hal itu diungkapkan Ketua MABMI Babel, Dato' H.Marwan Ja'fari.SAg, dirumah kediamannya Sungailiat, Minggu (28/07/2024). 


Menurut Dato' Marwan, kegiatan digelar untuk menghormati mengenang almarhum Eko Maulana Ali yang wafat pada 30 Juli 2013. Almarhum adalah tokoh hebat di Bangka Belitung ini, pernah menjabat bupati Bangka dan gubernur provinsi Babel. Disamping itu beliau juga merupakan tokoh pemerhati adat budaya di bumi Serumpun Sebalai ini, " Saya perihatin, sepertinya beliau sudah terlupakan didaerah ini. Karena setiap giat even-even daerah ini, nama beliau dilupakan. Maka kita gelar giat ini untuk mengenang almarhum, agar namanya tetap dikenang, " jelasnya. 


Dato' Marwan menambahkan bahwa selain tokoh pemerintahaan, almarhum juga budayawan yang karya-karyanya masih tersimpan, yaitu gurindam abad 21 dan karya puisi-puisinya serta lagu-lagu ciptaan almarhum, tentang daerah Babel. Almarhum juga tokoh perjuangan berdirinya Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, "Dalam haul nanti, akan dihadiri, seniman seniman dan budayawan, tokoh adat. Kemudian kita undang Danrem, Kapolda, Dandim serta kepala dinas terkait dan kita undang keluarga almarhum, " ujarnya. 


Dato' Marwan akan mengagendakan gelar mengenang Eko Maulana Ali, setiap tahunnya. Sebab jangan sampai tokoh-tokoh yang berjasa di Bangka Belitung dilupakan generasi berikutnya. Setelah kita cermati, sekarang saja sudah nyaris dilupakan, apalagi generasi mendatang, "Jujur saya katakan, bahwa sampai saat ini, belum kita temukan di Babel tokoh yang kepemimpinannya seperti almarhum Eko Maulana Ali," terangnya. (eru).





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close