Notification

×

Iklan

Iklan

Pj Bupati Bogor Asmawa Tosepu Berikan Simbolis Bantuan, Penyerahan Dana Samisade T.A 2024

27 Juli 2024


 


Bogor, zonamerdeka.com- Kick Off penyerahan bantuan dana Infrastruktur Desa tahun anggaran 2024, oleh Pj Bupati Bogor Asmawa Tosepu bersama Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bogor Renaldi Yushab Fiansyah. Di halaman kantor Desa Sasak Panjang, Kecamatan Tajurhalang, Kabupaten Bogor, jum'at (26/7/2024). 


Dalam sambutannya Kepala DPMD Kab. Bogor Renaldi Yushab Fiansyah mengatakan, dasar hukum bantuan dana Satu Miliar Satu Desa (Samisade) Nomor 69 Tahun 2022 tentang pedoman bantuan keuangan infrastruktur Desa. Yang kedua Peraturan Bupati Bogor nomor 54 tahun 2023 tentang perubahan atas peraturan Bupati Bogor Nomor 69 Tahun 2022 tentang pedoman bantuan keuangan infrastruktur Desa, yang ketiga surat keputusan Bupati Bogor nomor 400. 10/248/pts/perundang-undangan tahun 2024 tanggal 13 Mei 2024 tentang Desa penerima bantuan keuangan infrastruktur Desa Tahun Anggaran 2024.

 "Dalam penyerahan yang akan menerima secara simbolis diterima langsung oleh Kepala Desanya, Desa Sasak Panjang Kecamatan Tajurhalang, Desa Cipambuan Kecamatan Babakan Madang, Desa Waringin Jaya Kecamatan Bojong Gede, Desa Pagelaran Kecamatan Ciomas, Desa Pedurenan Kecamatan Gunung Sindur, Desa Bojong Indah Kecamatan Parung, Desa Mekarsari Kecamatan Rancabungur dan desa Cimandala Kecamatan Sukaraja," jelas Renaldi Yushab.


Pj Bupati Bogor Asmawa Tosepu menyampaikan, bantuan dana Samisade ini digunakan sebaik-baiknya untuk mengakselerasi mempercepat pertumbuhan Kemajuan pembangunan infrastruktur di Desa. 

"Tolong dimaksimalkan pemanfaatannya secara efektif, efisien, akuntabel dan transparan. Ada 25% yang bisa di alokasikan untuk rehab Kantor Pemerintah Desa. Saya wanti-wanti diingatkan untuk para Kades se- Kab. Bogor jangan coba-coba bermain di dana Samisade. Saya minta Bapak/Ibu Camat untuk berperan dalam fungsi pengawasan, pendampingan, asistensi kepada Pemerintah Desanya masing-masing, karena para Camat adalah perpanjangan tangan dari Pemerintah Kabupaten Bogor," kata Asmawa Tosepu Kepada awak media. 


Asmawa Tosepu melanjutkan, lakukan percepatan pelaksanaan secara transparan dan akuntabel jangan ada upaya untuk coba-coba bermain atau menyalah gunakan dana Samisade ini. 

"Saya ingatkan sekali lagi manfaatkan alokasi anggaran ini dengan sebaik-baiknya sesuai dengan tujuan peruntukannya untuk kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," ujar Asmawa Tosepu. 


Lebih lanjut, Pj  Bupati juga sudah menyusun tim untuk melakukan monitoring secara menyeluruh serta evaluasi sejauh mana efektivitas Samisade. 

"Semua ini akan kita pertanggungjawabkan dunia dan akhirat, jadi saya minta sekali lagi tolong betul-betul di optimalkan pemanfaatan dana untuk kesejahteraan masyarakat Kabupaten Bogor yang lebih baik lagi," harapnya.


Sementara itu, Kepala Desa Sasak Panjang Andy Umi Yulikah mengungkapkan, merasa bangga dan berterimakasih kepada Pj Bupati Bogor bersama rombongan dalam rangka kunjungan kerja sekaligus penyerahan simbolis bantuan dana Infrastruktur Desa T.A 2024.

 "Untuk tahun ini ada dua titik jalan yang di betonisasi dan akan di kerjakan melalui dana Samisade, karena Desa Sasak Panjang termasuk daerah yang luas di Kecamatan Tajurhalang," ucap Andy Umi Yulikah. 




Irvan/Rudy





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close