Notification

×

Iklan

Iklan

Polsek Pangkalan Kuras Ajak Masyarakat Bersama Cegah Karhutlah

12 Juli 2024


 


RIAU, ZONAMERDEKA.COM - Kapolsek Pangkalan Kuras AKP Sohermansyah, SH diwakili Kanit Samapta Polsek Pangkalan Kuras Iptu A. Haris meminta dan berharap masyarakat untuk bisa bekerjasama dengan pihak kepolisian dalam penanggulangan bencana Karhutlah. 


Hal tersebut disampaikan pada acara Pelatihan Pencegahan dan Pengendalian Kebakaran Lahan dan Hutan yang ditaja PT. Musim Mas, Desa Batang Kulim Kecamatan Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan, Jumat (12/7/2024). 


Disampaikan Iptu M. Haris, pihaknya dalam mengantisipasi Karhutla menerapkan prinsip Preventif. Dengan cara melakukan sosialisasi-sosialisasi secara langsung kepada masyarakat.  


"Kita turun langsung ke desa-desa dan juga melalui Bhabinkamtibmas yang ada di desa masing-masing dengan mensosialisasikan Maklumat Kapolda Riau tentang larangan membuka hutan dan lahan dengan cara membakar,"ujar A. Haris.


Dalam kesempatan itu, juga meminta kepada pihak perusahaan yang beroperasi di wilayah hukum Polsek Pangkalan Kuras agar membuatkan Embung Air. Hal itu, berguna apabila terjadi kebakaran.


Untuk tindakan preventifnya, lakukan sosialisasi-sosialisasi kepada warga yang berada di wilayah perusahaan.



Kepada pemerintah desa, lanjut Iptu Haris meminta agar bersama-sama dan mendukung pihak kepolisian melakukan kegiatan preventif atau pencegahan Karhutlah. 


"Kita lebih baik mencegah daripada pada penanganan. Apabila terjadi Karhutlah, kita semua akan repot. Ditambah lagi, akan merusak ekosistem lingkungan," tegasnya.  


Tidak lupa, Iptu A. Haris mengapresiasi Pihak Perusahaan Musim Mas yang diketahui beberapa tahun belakangan ini tidak ada terjadi Karhutlah atau Zero Karhutlah.  


"Kita apresiasi, karena PT. Musim Mas telah mewujudkan komitmennya dalam penanggulangan bencana Karhutlah. Hal itu, terbukti tidak adanya terjadi Karhutla beberapa tahun belakangan ini," pungkasnya. ***






ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close