Notification

×

Iklan

Iklan

PT.Nafasindo Berikan Bantuan Peralatan Dan Pelatihan Bagi Emak-Emak Perajin Anyaman

13 Juli 2024


 


ACEH SINGKIL, Zonamerdeka.com -- Perusahaan Kebun Kelapa Sawit (PMKS) PT. Nafasindo Aceh Singkil Gelar Sosialisasi dan    berikan bantuan peralatan bagi pelaku usaha UMKM anyaman tikar di Aceh Singkil melalui Corporate Social Responsibility Perusahaan tersebut.


Sosialisasi dan pemberian bantuan peralatan anyaman tikar pandan duri, untuk pelaku usaha UMKM itu, adalah merupakan bentuk Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat kepada ring I disekitar perusahaan PT. Nafasindo, yang digelar, pada hari,Jum’at (12/07/2024) kemarin.


Diketahui, diikuti oleh ibu-ibu, khususnya bagi "Kelompok Blagen" dari Ibu – ibu warga Desa Ujung Bawang, Kecamatan Singkil.


Dalam, Kata Sambutannya, Senior Manager PT. Nafasindo Aceh Singkil, Bapak Iskandar, MM, Menyampaikan, kegiatan ini merupakan bentuk Tanggung Jawab Sosial perusahaan terhadap masyarakat yang ada di Desa-Desa disekitar perusahaan, hal itu sesuai yang diamanahkan dalam UU No 40 tahun 2007.


"Selain kita memberikan bantuan peralatan anyaman tikar pandan kepada dua kelompok perajin, nantinya akan dilanjutkan pelatihan bagi kelompok perempuan pengrajin ayaman pandan duri ini." Ujar, Iskandar 


Iskandar Menjelaskan, pelatihan tersebut akan digelar, dari mulai tanggal 18 S/d 20 Juli 2024, yang bekerjasama dengan WCS (Wildlife Conservastion Society) organisasi konservasi, selama 3 hari kedepan.


Dimana, para pengrajin akan dilatih dan juga diajarkan untuk menambah pengetahuan, agar kualitas beraneka ragam jenis ayaman produk yang dihasilkan, bisa lebih menarik minat bagi pembeli dan nantinya juga akan mudah di pasarkan." Pungkasnya 


Tentunya, harapan kita kedepan, program ini akan terus berkelanjutan, dan bertambahnya lapangan pekerjaan kepada ibu-ibu."Jelas,  Iskandar 


Sehingga, nantinya para ibu-ibu perajin ini, agar bisa lebih mandiri, dan juga membantu tambahan pendapatan bagi keluarganya." Tuturnya.


Kemudian, seperti diketahui sebelumnya, bahwa pihak perusahaan, mempersilahkan para ibu-ibu diperbolehkan mengambil atau memanfaatkan pandan duri yang ditanam oleh pihak perusahaan disepanjang batas Hak Guna Usaha (HGU)." Kata, Iskandar 


Sebab karena selain bermanfaat sebagai bahan baku aneka anyaman, ternyata sangat bermanfaat terhadap akar tanaman pandan duri, karena mampu dapat menahan abrasi dan erosi pada tanah." terangnya 


Disisi lain, Warga Desa Ujung Bawang, mulai dari perangkat Desa, para kelompok perajin anyaman dan juga unsur pemuda, mereka berharap, usaha tersebut kirannya bisa dapat lebih berkembang.


Para ibu perajin tersebut, juga mengucapkan banyak terimakasih kepada perusahaan PT. Nafasindo yang telah membantu melalui CSR, terhadap program pemberdayaan ekonomi masyarakat ini, khususnya di Desa Ujung Bawang, Kecamatan Singkil. (Sakdam Husen )





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close