Notification

×

Iklan

Iklan

Sinergitas TNI-POLRI, Gelar Patroli dan Sosialisasi Cegah Karhutlah

29 Juli 2024


 


RIAU, ZONAMERDEKA.COM-Polsek Ukui bersinegi dengan TNI dan Balai TNTN melaksanakan patroli gabungan di wilayah hukum Polsek Ukui tepatnya dikawasan Taman Nasional Tesso Nilo. Patroli ini dilakukan sebagai langkah antisipasi terhadap potensi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di daerah yang dikenal rawan karhutla. Senin 29 Juli 2024


Patroli Kali ini diprioritaskan ke beberapa desa strategis yang rawan terjadinya kebakaran, yakni Desa Air Hitam, Desa Bagan Limau dan Desa Lubuk Kembang Bunga. Dalam setiap kunjungan, tim patroli aktif melakukan penyebaran maklumat dan memberikan himbauan kepada masyarakat serta petani setempat. Mereka diingatkan untuk tidak membuka lahan dengan cara dibakar, sebuah praktik yang seringkali memicu kebakaran hutan yang sulit dikendalikan.


Hasil dari kegiatan patroli menunjukkan situasi yang cukup kondusif dan aman karena Hingga saat ini, tidak ditemukan adanya titik api di wilayah yang di patroli. Minimnya curah hujan serta tidak adanya aliran sungai masih menjadi PR tim dalam mengantisipasi bencana karhutla.


Patroli ini tidak hanya bertujuan untuk melakukan pemantauan dan mencegah kebakaran, tetapi juga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya dan dampak negatif dari karhutla. Dengan upaya pencegahan yang terus dilakukan, diharapkan kejadian kebakaran hutan dan lahan dapat diminimalisir, menjaga kelestarian lingkungan serta kesehatan masyarakat setempat.


Kapolsek Ukui, AKP Rudi Hardiyono, SH mengatakan bahwa patroli ini dalam laporan rekan-rekan dilapangan bahwa tidak ada hambatan yang ditemukan selama pelaksanaan kegiatan. Ini menunjukkan koordinasi yang baik antara Polsek Ukui dan TNI, Balai TNTN serta partisipasi aktif dari masyarakat setempat dalam menjaga lingkungan mereka dari ancaman karhutla.


Besar harapan kami, memasuki musim kemarau ini kita dapat meminimalisir terjadinya kebakaran khusunya di kecamatan Ukui, karena klo sudah terbakar dampak negatifnya akan banyak, untuk itu mari kita sama-sama jaga hutan kita ini dari kebakaran. Harap Kapolsek.





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close