Notification

×

Iklan

Iklan

Tradisi Oncor-Oncoran Semarakkan Malam Tahun Baru Islam di Banyuwangi

07 Juli 2024


 


Banyuwangi, zonamerdeka.com -- Setiap memasuki tahun baru Islam, tradisi oncor-oncoran selalu semarak di berbagai daerah di Banyuwangi. Tradisi ini merupakan pawai oncor-oncoran (obor) yang diikuti oleh santriwan-santriwati dari TPQ ataupun pondok pesantren. 


Salah satu daerah yang masih kental dengan tradisi oncor-oncoran adalah Kelurahan Penataban, Kecamatan Giri. Pada malam 1 Muharram, para peserta oncor-oncoran memadati jalan, berkeliling dari sudut ke sudut kelurahan dengan obor yang mereka bawa. Sabtu malam, (6/7/2024).






Sugeng, salah satu peserta oncor-oncoran, mengaku telah mengikuti tradisi ini sejak kecil hingga ia sekarang sudah duduk di bangku SMA.


"Saya selalu ikut meramaikan tradisi oncor-oncoran ini setiap memasuki tahun baru Islam," ungkap Sugeng.


Tradisi oncor-oncoran tidak hanya dijumpai di Kelurahan Penataban, tetapi juga di Kelurahan Boyolangu, Kecamatan Giri. Di sana, masyarakat juga masih menjalankan tradisi yang sama dengan penuh semangat.


Tradisi oncor-oncoran bukan hanya sebagai bentuk perayaan tahun baru Islam, tetapi juga sebagai wujud syukur atas nikmat Allah SWT dan sebagai doa untuk keselamatan dan keberkahan di tahun yang baru.


Semaraknya tradisi oncor-oncoran di Banyuwangi menunjukkan kekayaan budaya dan tradisi Islam yang masih lestari di masyarakat. Tradisi ini menjadi pengingat bagi generasi muda untuk terus menjaga dan melestarikan budaya leluhur. (ton)





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close