Notification

×

Iklan

Iklan

Kanit Reskrim Polsek Ukui Lakukan Mitigasi dan Pemadaman Karhutla di Desa Lubuk Kembang Bunga

19 Agustus 2024




RIAU, ZONAMERDEKA.COM-Terdapat Titik Hotspot Yang terpantau satelit pada hari Sabtu 17 Agustus 2024, Kapolsek Ukui AKP Rudi Hardiyono, SH perintahkan Kanit Reskrim untuk lakukan groundcek serta upaya dini melakukan pemadaman dan penyelidikan.


Kapolsek Mengatakan kepada media bahwa upaya penanganan karhutla diwilayah desa lubuk kembang bunga kni ini cukup jauh sehingga mengharuskan tim bermalam di TKP, Alhamdulillah hingga saat ini personil gabungan telah berhasil melakukan mitigasi dan pemadaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di desa lubuk kembang bunga. Senin 19 Mei 2024.


Adapun Lokasi kejadian berdasarkan ground cek awal berada di kawasan Taman Nasional Tesso Nilo pada titik koordinat 0°16'42.5" S, 101°55'21.1" E, 0°16'50.3" S, 101°55'18.9" E, 0°16'58.6" S, 101°55'23.4" E. Ketiganya merupakan titik hotspot yang terpantau melalui aplikasi Dashboard Lancang Kuning, stelah diverifikasi dilapangan ternyata ini berdekatan (hamparan).


Sementara itu Sumber api masih belum diketahui secara pasti, Namun, berkat kerja keras dan koordinasi yang baik antara berbagai pihak, api berhasil dipadamkan secara total.


Proses pemadaman melibatkan berbagai unsur seperti Polri sebanyak, TNI, Balai TNTN, serta warga masyarakat peduli api (MPA).


Kapolsek Ukui AKP Rudi Hardiyono, SH menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh personil yang terlibat dalam operasi pemadaman tersebut. “Kerja keras dan dedikasi tinggi dari semua pihak yang terlibat dalam mitigasi dan pemadaman ini sangat diapresiasi. Kami berharap kerjasama yang baik ini terus terjalin untuk mencegah dan menangani karhutla di masa mendatang,” ujar Kapolsek.


Pemadaman kebakaran hutan dan lahan ini menjadi bagian dari upaya preventif dan responsif untuk mencegah dampak negatif karhutla terhadap lingkungan dan kesehatan masyarakat. Pihak berwenang terus menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran lahan dan hutan yang dapat memicu kebakaran besar.


Dengan berhasilnya pemadaman ini, diharapkan wilayah Desa lubuk kembang bunga dan sekitarnya dapat kembali aman dari ancaman kebakaran hutan dan lahan. Pihak Polsek juga terus melakukan patroli rutin dan sosialisasi kepada masyarakat untuk meningkatkan kesadaran akan bahaya karhutla serta cara pencegahannya agar karhutla tidak terjadi lagi khusus nya di wilayah kecamatan Ukui kabupaten Pelalawan.





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close