Notification

×

Iklan

Iklan

PPK Ormawa BEM Fasilkom UNEJ Luncurkan Ekowisata Digital di Desa Ajung, Wisata Interaktif Dam Kembar

09 September 2024


 


Jember, zonamerdek.com -- Fakultas Ilmu Komputer Universitas Jember (Fasilkom UNEJ) melalui Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) BEM Fasilkom UNEJ telah resmi meluncurkan destinasi ekowisata baru di Desa Ajung Tengah, Kecamatan Kalisat, Kabupaten Jember, (08/09/2024) yang dikenal dengan nama WIDAMAR (Wisata Interaktif Dam Kembar). Proyek inovatif ini memadukan keindahan alam dengan teknologi Augmented Reality, menjadikan Desa Ajung sebagai destinasi ekowisata digital yang unik dan menarik.


Dekan Fasilkom UNEJ, Prof. Drs. Antonius Cahya Prihandoko, M.App.Sc., Ph.D., menjelaskan, Ekowisata ini merupakan start up pengembangan dari wahana wisata di Desa Ajung ini. “Menurut Kepala Desa Ajung Tengah, sebenarnya objek wisata ini, pernah jadi favorit, namun, kemudian lama terhenti akibat COVID 19 yang kemudian ada mahasiswa Fasilkom asal desa Ajung ini ingin mengembangkan kembali yang kemudian mendapatkan support dari elemen masyarakat desa Ajung,” jelasnya.


Lebih lanjut ia juga mengapresiasi atas langkah para mahasiswanya dalam mengembangkan wisata ini menjadi objek wisata yang kekinian. “WIDAMAR menawarkan pengalaman wisata yang berkelanjutan, di mana wisatawan dapat menikmati keindahan alam sambil mendukung perekonomian lokal. Inisiatif ini tidak hanya membuka peluang lapangan kerja baru, tetapi juga berkontribusi pada peningkatan Pendapatan Asli Desa (PAD) Ajung," katanya.


Ia berharap, program ini dapat membawa dampak positif yang luas, tidak hanya bagi masyarakat Desa Ajung, tetapi juga menjadi kebanggaan bagi seluruh Kecamatan Kalisat.


Sementara itu, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fasilkom UNEJ, Fahrobby Adnan S.Kom., M.MSI., yang juga bertindak sebagai Dosen Pendamping PPK Ormawa BEM Fasilkom, menambahkan, WIDAMAR diharapkan menjadi destinasi ekowisata unggulan dengan memanfaatkan promosi digital secara efektif. 


"Penggunaan teknologi Augmented Reality memungkinkan pengunjung untuk mengakses informasi 3D tentang wisata ini melalui scan QR-Code yang tersedia di berbagai lokasi, hal inilah yang menjadi daya tarik pengunjung, selain wahana secara langsung, wisata ini juga menawarkan wisata virtual sesuai dengan keilmuan mahasiswa kami," ujarnya.


Pada kesempatan yang sama, Ketua PPK Ormawa BEM Fasilkom UNEJ, Nurul Hadist, memaparkan, WIDAMAR terdiri dari tiga wahana utama yaitu Wisata Mini Tubing, Wisata Riang Rimba, dan Wisata Pasar Rasa. Ketiga wahana tersebut dirancang untuk mengoptimalkan potensi sumber daya alam Desa Ajung Tengah dan memberikan pengalaman yang mendalam bagi wisatawan, sekaligus mendorong pemberdayaan masyarakat lokal.


“Kami mengoptimalkan kanal sebelah barat dan pepohonan serta Ekowisata ini dapat menjadi sarana bagi UMKM di desa ini, serta kami juga telah membuatkan website tentang WIDAMAR (widamar.com) agar masyarakat sebelum menuju wisata ini sudah mendapatkan informasi yang cukup, disampin itu kami juga lengkapi dengan teknologi Augmented Reality untuk mempermudah pengunjung melihat denah hingga wahana yang ada, bisa jadi hal ini menjadi pelopor utama penggunaan teknologi Augmented Reality di Jember,,” jelasnya.


Kedepan dia dan rekan-rekannya berkomitmen untuk terus mendampingi objek wisata WIDAMAR ini agar tetap eksis dan tetap akan memantaunya, sebab, Desa Ajung telah menjadi desa binaan Fasilkom UNEJ.(ton)





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close