Notification

×

Iklan

Iklan

UNEJ Jadi Tuan Rumah IC2MS, Kontribusi Pada Keberlanjutan Ilmu Kimia dan Material untuk Kehidupan yang Lebih Baik

26 September 2024


 


Jember, zonamerdeka.com -- Universitas Jember melalui Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) menyelenggarakan The 6th International Conferensi on Chemistry and Material Sciences (IC2MS) dengan tema “Sustainable Chemistry and Material Sciences for Better Life” bertempat di Gedung Soetardjo Universitas Jember, Rabu (25/09/2024). Pada tahun ini, Universitas Jember dipercaya menjadi tuan rumah dengan menggandeng Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang dan Universiti Teknologi Mara Malaysia. 


Konferensi yang akan terselenggara selama dua hari ini menghadirkan keynote speaker dari berbagai negara yaitu, Prof. Spas D Kolev dari Australia, Prof. Ts Dr.-Ing. Oskar Hasdinor Hassan dari Malaysia, Prof. Yun-Hi Kim dari Korea, Dr. Verawat Champreda dari Thailand, Prof. Brian Yuliarto dari Institut Teknologi Bandung dan Prof. Bambang Kuswandi sebagai tuan rumah dari Universitas Jember.


Dalam materinya sebagai keynote speaker, Prof. Bambang Kuswandi menyampaikan bahwa keberlangsungan IC2MS dari tahun ke tahun selalu fokus pada keberlanjutan pembangunan dengan peran ilmu kimia dan material untuk menuju kehidupan yang lebih baik.


“Salah satunya dengan sensor sebagai deteksi dini terhadap suatu penyakit tertentu, yang dalam bahasa ilmiahnya disebut microfluidic paper-based analytical devices (μPADs).”


Dosen sekaligus peneliti yang masuk dalam Daftar 2% Persen Ilmuwan Berpengaruh Dunia Versi Stanford University ini memberikan penjelasan bahwa sensor mampu mendeteksi perubahan warna sebagai respon terhadap adanya biomarker tertentu, patogen, atau analit dalam cairan tubuh, seperti darah atau urin. Dengan kata lain, sensor ini memungkinkan deteksi langsung melalui perubahan visual, menjadikannya sederhana dan tidak memerlukan peralatan deteksi yang rumit. 


Prof. Dafik Dekan FMIPA Universitas Jember dalam sambutannya, juga mengatakan bahwa konferensi ini akan membawa banyak manfaat kepada para peserta, karena luarannya nanti akan dipublikasikan pada jurnal bereputasi di antaranya Malaysian Journal of Chemistry (Scopus, Q4), The Journal of Pure and Applied Chemistry Research (SINTA 2), Jurnal Ilmu Dasar (SINTA 3), dan Jurnal Berkala Sainstek (SINTA 4).


Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi dari masing-masing invited speaker di antaranya adalah Dr. Sc. Lukman Hakim dari Universitas Brawijaya, Prof. Surjani Wonorahardjo dari Universitas Negeri Malang, Dr. Nooraini Ahmad dan Dr. Umi Marshida Abd. Hamid dari Malaysia, Prof. Seung-Ryeong Kwon, Prof. Juyeong Kim, dan Yoon Seok Min, Ph.D. dari Korea, Eko Setio Wibowo, Ph.D. dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Dr. Anton Prasetyo dari UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dan Prof. Anak Agung Istri Ratnadewi sebagai perwakilan Jurusan Kimia FMIPA Universitas Jember.


Para peserta juga diberikan kesempatan untuk mengikuti field trip mengeksplor Jember dengan mengunjungi Kawah Ijen Banyuwangi dan Pusat Penelitian Kopi dan Kakao (Indonesian Coffee and Cocoa Research Institute). (ton)





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close