Notification

×

Iklan

Iklan

Camat Gumer Lantik Pj. Keucik Penjahitan, Masyarakat Penjahitan Datangi Camat Minta Inventarisasi Aset Desa

19 Oktober 2024


 

Camat Gumer Lantik Pj. Keucik Penjahitan, Masyarakat Penjahitan Datangi Camat Minta Inventarisasi Aset Desa 

ACEH SINGKIL, Zonamerdeka.com -- Camat Kecamatan Gunung Meriah Ilvi Rahmi lantik  dan mengambil sumpah jabatan, Penjabat Keuchik Desa Panjahitan Andri Sinaga diaula Kecamatan setempat, Kamis (17/10/2024) 


Sebelumnya Andri Sinaga SH yang bertugas di Staf Bagian Hukum Setdakab Aceh Singkil ini dilantik sebagai Penjabat Keuchik (kepala desa) Penjahitan.


Ia dipercayakan oleh Pj. Bupati Aceh Singkil untuk menggantikan Satiman berdasarkan evaluasi kinerja." Kata Camat Gunung Meriah Ilvi Rahmi SSTP MM saat dikonfirmasi awak media usai prosesi pelantikan.


Dalam pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan, juga disaksikan unsur Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Gunung Meriah, tokoh masyarakat serta perwakilan masyarakat dan perangkat Desa Penjahitan yang berhadir.


Usai berlangsungnya pelantikan yang turut dihadiri Penjabat Kepala Desa yang lama Satiman, perwakilan masyarakat Penjahitan yang hadir langsung untuk menemui Camat Gunung Meriah serta Pj Keuchik yang baru, diruang kerja Camat.


Pada pertemuan tersebut, Yahya yang turut didampingi BPKamp  serta beberapa warga lainnya meminta Camat serta Pj Keuchik yang baru bisa segera mendata aset-aset desa yang belum dilaporkan oleh Keuchik yang sebelumnya.


“Kalau bisa serah terima aset dari penjabat yang lama harus segera dilakukan, Ibu camat dan Pak Pj Keuchik, dan kalau perlu hadirkan juga Keuchik defenitif yang sebelumnya biar semuanya ini jelas,” ucap Yahya



Dikarenakan serah terima aset desa ini tidak ada dilakukan oleh Keuchik dan maupun Pj keuchik sebelumnya.


Tentunya kami sebagai masyarakat berhak untuk mengetahui, apa-apa saja aset di Desa kami, kami harap kami bisa mengetahuinya. dan disini kami curiga ada terjadi sesuatu maka tidak ada diserah terimakan." Ujarnya 


Yahya mengungkapkan, permintaan untuk laporan aset desa ini, bahkan sudah kami sampaikan kepada Camat sebelumnya Abdul Hanan. Namun herannya sampai sekarang belum juga disampaikan secara transparan kepada masyarakat.


Kami berharap kalau bisa dilaporkan aset desa masa pemerintahan tahun 2018 hingga 2023. Termasuk aset Bumdes sebelumnya ada kebun sawit produktif dan ternak lembu.


“Saat ini aset desa yang menghasilkan uang untuk desa, kita tidak tau keberadaannya, semacam ternak, maaf cakapnya kotorannya pun kita tidak pernah nampak,” bebernya.


Menanggapi persoalan itu Camat Gunung Meriah Ilvi Rahmi langsung memerintahkan Pj Keuchik Andri Sinaga, agar segera mengaktifkan kantor Desa Penjahitan dan memberikan pelayanan terbaik masyarakat, termasuk yang paling penting untuk melakukan inventarisasi aset-aset desa.


“Saya minta Pj Keuchik agar segera mengakomodir permintaan masyarakat, dan segera menginventarisasi aset-aset Desa Penjahitan mulai tahun 2018 sampai 2023,” tegasnya.


Disebutkannya, persoalan ini juga sebelumnya sudah ada Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Inspektorat.

Sehingga agar dicari salinannya untuk dipelajari dan segera ditindaklanjuti.


Ilvi juga meminta Pj Keuchik untuk membangun roda pemerintahan desa yang baik dan berkolaborasi dengan perangkat desa, Babinsa, Babinkamtibmas dan tetap mengedepankan musyawarah dalam setiap menyelesaikan persoalan, pungkasnya.


Menjawab permintaan warganya itu, Pj Keuchik Andri Sinaga yang turut didampingi Pj Keuchik Sianjo-Anjo Sugeng meyakinkan, akan segera melakukan inventarisasi aset-aset desa tersebut.



“Masalah aset akan segera kita selesaikan dan tidak ditunda-tunda lagi. Begitu kantor kita benahi, pelayanan aktif,  kita akan undang Babinsa, Babinkamtibmas dan masyarakat untuk melakukan rapat musyawarah desa, sebab kantor yang saat ini kondisinya tidak layak, masih sempit dan memperihatinkan,” ucap Andri.


Begitupun Andri mengaku belum menerima LHP dari Inspektorat tersebut dan akan segera mempelajarinya, dan kedepan di desa pejahitan tidak ada lagi kubu-kubuan, kalau karena beda pendapat, tentunya masih bisa kita satukan kembali.


Pj Keuchik, Andri mengaku ditugaskan oleh Pj Bupati Aceh Singkil tidak hanya untuk memperbaiki roda pemerintahan. Namun untuk mensukseskan Desa Penjahitan ini agar bisa ikut dalam Pemilihan Keuchik secara langsung di tahun 2025 mendatang. (Sakdam Husen)





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close